Konstribusi self regulated learning, locus of control, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap penguasaan kompetensi kejujuran dan dampaknya pada kematangan vokasional siswa SMK / Lativa Hartiningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstribusi self regulated learning, locus of control, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap penguasaan kompetensi kejujuran dan dampaknya pada kematangan vokasional siswa SMK / Lativa Hartiningtyas

Hartiningtyas, Lativa (2016) Konstribusi self regulated learning, locus of control, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap penguasaan kompetensi kejujuran dan dampaknya pada kematangan vokasional siswa SMK / Lativa Hartiningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartiningtyas Lativa. 2016. Kontribusi Self Regulated Learning Locus of Control dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Penguasaan Kompetensi Kejuruan dan Dampaknya Pada Kematangan Vokasional. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Purnomo S.T. M.Pd. (2) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. Kata kunci self regulated learning locus of control kemampuan berpikir kreatif kompetensi kematangan vokasional Lulusan SMK harus menguasai aspek hard skill dan soft skill agar menjadi tenaga kerja yang terampil. Hard skill terdiri atas kecakapan teknis sedangkan soft skill merupakan kecakapan intrapersonal dan interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi self regulated learning terhadap penguasaan kompetensi kejuruan kontribusi locus of control terhadap penguasaan kompetensi kejuruan kontribusi kemampuan berpikir kreatif terhadap penguasaan kompetensi kejuruan kontribusi self regulated learning terhadap kematangan vokasional kontribusi locus of control internal terhadap kematangan vokasional kontribusi kemampuan berpikir kreatif terhadap kematangan vokasional dan kontribusi penguasaan kompetensi kejuruan terhadap kematangan vokasional baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi suatu variabel eksogen terhadap intervening dan variabel eksogen dan intervening terhadap variabel endogen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Kelas XI paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) se-Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 337 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling sehingga diperoleh 182 sampel siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes serta dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data dari variabel X1 X2 dan Z sedangkan instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data variabel X3 dan Y. Penelitian ini menggunakan analisis jalur yang terdiri dari 2 model jalur yaitu sub-struktur I dan II. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa seluruh koefisien jalursignifikan sehingga hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima dengan rincian sebagai berikut (1) terdapat kontribusi signifikan antara self regulated learning terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 9 4% (2) terdapat kontribusi signifikan antaralocus of control terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 11 1% (3) terdapat kontribusi signifikanantara kemampuan berpikir kreatif terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 3 5% (4)terdapat kontribusi signifikan antara self regulated learning terhadap kematangan vokasional sebesar 10 4% (5) terdapat kontribusi signifikan antara locus of control terhadap kematangan vokasional sebesar 3 5% (6) terdapat kontribusi signifikan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap kematangan vokasional sebesar 1 7% (7)terdapat kontribusi signifikan antara penguasaan kompetensi kejuruan terhadap kematangan vokasional sebesar 9 9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61952

Actions (login required)

View Item View Item