Sunardi (2016) Kontribusi implementasi pendekatan saintifik, iklim kelas, dan konsep diri terhadap penguasaan kompetensi kejuruan dan dampaknya pada employability skills / Sunardi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sunardi. 2016. Kontribusi Implementasi Pendekatan Saintifik Iklim Kelas dan Konsep Diri terhadap Penguasaan Kompetensi Kejuruan dan Dampaknya pada Employability Skills. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Purnomo S.T. M. Pd. (2) Dr. Eddy Sutadji M. Pd. Kata kunci pendekatan saintifik iklim kelas konsep diri kompetensi kejuruan employability skills Industri membutuhkan tenaga kerja lulusan SMK yang memiliki academicskills technical skills danemployability skill.Penyiapan siswa SMK agar memiliki academicskills technical skillsdan employability skills berpangkal pada prosespembelajaran salah satunya adalah implementasi pendekatan saintifik. Selain itu iklim kelas dan konsep diri juga berkontribusi dalam meningkatkan penguasaan kompetensi kejuruan dan employability skill.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi implementasi pendekatan saintifik iklim kelas dan konsep diri terhadap penguasaan kompetensi kejuruan dan dampaknya pada employability skills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan non eksperimen jenis survey yang bersifat ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Pemesinan pada SMK di Sulawesi Selatan sebanyak 523 siswa dan sampel yang digunakan 221 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif confirmatory factor analysis (CFA) dan analisis structural equation modeling (SEM). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20.0 dan LISREL versi 9.10 Windows Application. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada kontribusi yang signifikan implementasi pendekatan saintifik terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 24 30% (2) ada kontribusi yang signifikan iklim kelas terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 6 10% (3) ada kontribusi yang signifikan konsep diri terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 11 63% (4) ada kontribusi yang signifikan penguasaan kompetensi kejuruan terhadap employability skillsebesar 4 75% (5) ada kontribusi yang signifikan implementasi pendekatan saintifik terhadap employability skillsebesar 23 72% (6) ada kontribusi yang signifikan iklim kelas terhadap employability skillsebesar 18 40% dan (7) ada kontribusi yang signifikan konsep diri terhadap employability skillsebesar 14 67%.Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh stakeholderSMK sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan pendidikan. Sehingga lulusannya memiliki academicskills technical skillsdan employability skills sesuai kebutuhan industri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |