Pengembangan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 digital berbasis web di SMK Widyagama Malang / Purnomo Hadi Susilo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 digital berbasis web di SMK Widyagama Malang / Purnomo Hadi Susilo

Susilo, Purnomo Hadi (2016) Pengembangan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 digital berbasis web di SMK Widyagama Malang / Purnomo Hadi Susilo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilo Purnomo Hadi. 2016. Pengembangan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2008 Digital Berbasis Web Di SMK Widyagama Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M.P. (II) Aisyah Larasati S.T. M.T. MIM. Ph.D. Kata kunci Sistem Manajemen Mutu ISO Digital Web. ISO memiliki beberapa standar yang harus dipenuhi oleh lembaga pendidikan yang mengadopsi sistem manajemen ini diantaranya adalah pengendalian dokumen serta pendistri busi annya kepada semua pelaku mana jemen. Kendala yang sering terjadi pada saat pendistribusian doku men sering kali tidak terlaksana dengan baik dikarenakan membutuhkan proses yang sangat panjang dan membutuhkan waktu yang relatif lama jika dilakukan secara konvensional. Belum lagi saat adanya revisi dokumen sebelum diadakan nya proses pendistribusian dokumen maka pelaku manajemen harus memulai dari proses persetujuan dokumen yang akan didistribusikan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengubah manajemen konvensional menjadi manajemen digital dengan memanfaatkan teknologi informasi yang mampu medistribusikan infornasi secara cepat akurat dan realtime. Langkah-langkah penelitian dan pengem bangan yang digunakan yaitu (1) mengidentifikasi kebutuhan (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) validasi produk (7) revisi produk (8) uji lapangan (9) revisi produk. Subjek coba pada penelitian ini yaitu seluruh guru yang menjabat sebagai pelaku manajemen yang terdiri dari 12 departemen. Penelitian ini terdiri dari dua data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan sangat efektifitas dan efisiensi saat digunakan oleh guru yang menjabat sebagai pelaku manajemen ISO serta dapat digunakan sebagai solusi untuk menuju manajemen mutu ISO yang lebih handal di era digitalisasi. Hal ini dibuktikan dari hasil ujicoba dilapangan yang menunjukkan bahwa para pelaku manajemen merasa puas dan dimudahkan dengan memberikan nilai sebesar 97 92% saat menggunakan produk yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61950

Actions (login required)

View Item View Item