Hubungan motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar / Supriadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar / Supriadi

Supriadi (2016) Hubungan motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar / Supriadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Supriadi. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri Kedungbanteng 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd . M.Si (II) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci Motivasi belajar perhatian orang tua dan hasil belajar. Hasil belajar adalah perubahan tingah laku berupa kemampuan- kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Berdasarkan observasi masih banyak rendahnya motivasi belajar khususnya pada mata pelajaran matematika dan juga kurangnya perhatian dari orang tua dalam menunjang belajar siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah hubungan motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika baik secara simultan dan secara parsial. Penelitian ini menggunakan sampel total yaitu siswa kelas III SD Negeri Kedungbanteng 03 Kabupaten Blitar yang berjumlah 16 siswa. Variabel yang diteliti yaitu hasil belajar matematika sebagai variabel dependen (Y) serta variabel independen (X) yaitu motivasi belajar (X1) dan perhatian orang tua (X2). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Setelah diadakan penelitian dan perhitungan pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (Uji T) dan uji simultan (Uji F). Dengan aturan jika Thitung Ttabel dan jika Fhitung Ftabel maka Ho ditolak sedangkan Thitung Ttabel dan jika Fhitung Ftabel maka Ho diterima. Dari perhitungan kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa diperoleh Thitung 2 320 2 131 Ttabel dengan demikian Ho ditolak (2) ada hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa diperoleh Thitung 2 160 2 131 Ttabel dengan demikian Ho ditolak (3) ada hubungan motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa diperoleh Fhitung 4 582 3 8056 Ftabel dengan demikian Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan perhatian orang tua memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kedungbanteng 03 Kabupaten Blitar secara simultan sebesar 41 34% sedangkan secara parsial motivasi belajar berpengaruh sebesar 27 8% dan perhatian orang tua berpengaruh sebesar 25% terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan perhatian orang tua memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar matematika siswa baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6195

Actions (login required)

View Item View Item