Said, Isa Muhammad (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis cooperative learning dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMK se-Kota Nakang program keahlian teknik ototronik / Isa Muhammad Said. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Said IsaMuhammad. 2016. PengembanganBahan Ajar BerbasisCooperative LearningdenganPendekatanSaintifikuntukSiswa SMK Program KeahlianTeknikOtotronik Se-Kota Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. (II) Dr. R. Machmud Sugandi M.T. Keywords bahan ajar cooperativelearning pendekatansaintifik. Model pembelajaran berdasar atas Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum yang ditetapkan pemerintah secara tersirat dan tersurat ialah sebagaimana seperti yang tersaji dalam PermendikbudNo. 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum yaitu mengisyaratkan model pembelajaran yang bernafaskan konstruktivisme model pembelajaran bernafaskan konstruktivisme mengacu pada model pembelajaran kooperatif.Implementasi pembelajaran kooperatifmaupunpembelajaransaintifik masih banyak menjumpai kendala khususnya pada guru Pendidikan Menengah fenomena tersebut terjadi karena masih banyak guru yang belum bisa mengubah pola pikir pembelajaran dari kurikulum lama ke K13 danbelumtersediabahan ajar yang mendukungpembelajarankooperatifdanpembelajarandenganpendekatansaintifik. Produkpenelitiandanpengembanganpembelajaraniniberupayamembantu guru SMK khususnyabidangstudikeahlianteknikototronikdalammengimplementasikan K13. Bahan ajar merupakansalahsatukomponenpentingdalam proses penyelenggaraanpendidikankhususnyapenyelenggaraanpendidikanteknikdankejuruan di Indonesia. Tanpamemilikibahan ajar seorang guru tidakdapatmentransferilmunyasecaraefektifdanefisien. Bahan ajar merupakansalahsatukomponensistempembelajaran yang memegangperananpentingdalammembantusiswamencapaihasilbelajar.Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran untuk mendukung pembelajaran kooperatif berbasis pendekatan saintifik serta meneliti bagaimana pengaruhnya dalam proses pembelajaran praktikum di SMK pada program keahlian teknik ototronikse-kota Malang. Dalammembuat produkpembelajaranpeneliti menggunakan tahap-tahap penelitian dan pengembangan Borg Gall sedangkan untuk meneliti pengaruhnya peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan adalah 66 siswa kelas XI yang terdiri atas 37 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Tahap validasi produk dilaksanakan oleh 7 orang dosen Teknik Mesin Universitas Negeri Malang 2 orang guru SMKN 6 Malang dan SMKN 10 Malang serta 25 orang siswa SMKN 6 dan SMKN 10 Malang. Pengujian produk dilakukan oleh beberapa ahli yang terdiri atas ahli isi materi ahli perancangan pembelajaran ahli media pembelajaran dan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan pengujian produk diperoleh data dari ahli-ahli tersebut bahwa produk pembelajaran yang dikembangkan berada pada level valid dan layak digunakan sebagai produk pembelajaran sedangkan dalam pengujian pengaruh penggunaan produk dalam pembelajaran oleh siswa diperoleh data bahwa produk yang dikembangkan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |