Kajian kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang mengacu pada kerangka kualifikasi nasional Indonesia / Irdiana Windradini - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang mengacu pada kerangka kualifikasi nasional Indonesia / Irdiana Windradini

Windradini, Irdiana (2016) Kajian kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang mengacu pada kerangka kualifikasi nasional Indonesia / Irdiana Windradini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Windradini Irdiana. 2016. Kajian Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M.P (II) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat S.T M.Pd. Kata kunci kompetensi lulusan bahan kajian KKNI Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) digunakan sebagai bentuk pengembangan kurikulum dengan menggunakan level kualifikasi sebagai bahan penyusun kurikulum program studi khususnya pada kompetensi lulusan dan bahan kajian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian kompetensi lulusan dalam kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga dengan KKNI dan tingkat kesesuaian kompetensi lulusan dengan bahan kajian dalam kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga UM berdasarkan parameter sikap keterampilan umum keterampilan khusus dan penguasaan pengetahuan. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian evaluatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang tahun 2014. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesesuaian kompetensi lulusan terhadap KKNI berada di kelas interval 986 1160 yaitu termasuk dalam kategori sangat sesuai dan (2) tingkat kesesuaian kompetensi lulusan terhadap bahan kajian untuk parameter sikap dan parameter penguasaan pengetahuan berada di kelas interval 156 8-190 4 yaitu termasuk dalam kategori sesuai sedangkan parameter keterampilan umum parameter keterampilan khusus berada di kelas 190 4-224 yaitu termasuk dalam kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada lembaga khususnya Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang untuk menyempurnakan bahan kajian khususnya kompetensi lulusan parameter sikap dan penguasaan pengetahuan di mana terdapat sembilan kompetensi lulusan parameter sikap dan empat kompetensi lulusan parameter penguasaan pengetahuan yang termasuk dalam kategori sesuai. Bagi tenaga pendidik disarankan untuk memberi masukan berupa bahan kajian yang mendukung kompetensi lulusan khususnya parameter sikap dan penguasaan pengetahuan yang masih termasuk dalam kategori sesuai. Bagi peneliti lebih lanjut disarankan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai evaluasi atau implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI terkait kompetensi lulusan dan bahan kajian dengan menggunakan rancangan penelitian dan teknik analisis data yang lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61943

Actions (login required)

View Item View Item