Pengaruh penggunaan software fluidsim dan sikap siswa terhadap hasil belajar mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah pada siswa kelas XI TITL SMKN 1 Kediri / Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan software fluidsim dan sikap siswa terhadap hasil belajar mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah pada siswa kelas XI TITL SMKN 1 Kediri / Jatmiko

Jatmiko (2016) Pengaruh penggunaan software fluidsim dan sikap siswa terhadap hasil belajar mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah pada siswa kelas XI TITL SMKN 1 Kediri / Jatmiko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jatmiko. 2015.PengaruhPenggunaan Software FluidsimdanSikapSiswaTerhadapHasilBelajarMengoperasikanPengendaliDayaTeganganRendahPadaSiswaKelas X1 TITL SMKN 1 Kediri. Tesis JurusanPendidikanKejuruan Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Ahmad Sonhadji K.H M.A Ph.D (II) Drs.SlametWibawanto MT. Kata kunci softwarefluidsim sikapsiswa hasilbelajar Meningkatkan kualitas pembelajaran dapat ditempuh antara lain melalui penggunaan strategi mengajar yang mampu mengembangkan cara belajar siswa aktif. Memilih pendekatan mengajar menggunakan software fluidsim dengan maksud untuk mendorong dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktifdaninovatifdan belajar sesuai dengan kecepatan serta kemampuan belajar masing-masing siswa. Selainalasantersebut memilih dan menggunakan pendekatan mengajar menggunakan Software Fluidsimbermaksud agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik karena materi pembelajaran sudah dapatdisimulasikan di komputersehingga memudahkan siswa dalam memahami hasilrancangan yang sudahdibuat sebelummelakukanpraktek. TujuanPenelitianiniadalah 1) untukmengetahuiperbedaanhasilbelajarmengoperasikanperalatanpengendalidayateganganrendah antarasiswa yang menggunakansoftware fluidsimdan yang menggunakan media presentasi 2) untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikanantarasikapsiswapadamatapelajaranpengendalidayateganganrendahyang menggunakansoftware fluidsim dan yangmenggunakan media presentasiterhadaphasilbelajarmengoperasikanperalatanpengendalidayateganganrendah 3) untukmengetahuiinteraksiantarasikapsiswadanpendekatanmengajarmenggunakansoftware fluidsimdanyangmenggunakan media presentasiterhadaphasilbelajarmengoperasikanperalatanpengendalidayateganganrendah. Penelitianinidilakukandenganmenggunakanjenispenelitianeksperimensemu.Rancanganterdiridarikelompokeksperimendankelompokkontrol.Pelaksanaaneksperimendalampenelitianiniakanmembandingkanduapendekatanmengajar yaknipendekatanmenggunakansoftware fluidsimdanmenggunakanpresentasi Dari hasileksperimendapatdiketahui 1) pembelajaranpengendalidayateganganrendahdenganpendekatanmengajarmenggunakansoftware fluidsimhasilnyalebihbaikdaripadapembelajaran yang menggunakanpendekatanmengajartanpamenggunakansoftware fluidsim 2) terdapathubungan yang signifikanantarasikapsiswapadapelajaranpengendalidayateganganrendahdenganhasilbelajarmengoperasikanperalatanpengendalidayateganganrendah 3) adainteraksiantarapendekatanmengajarmenggunakansoftware fluidsimdantanpamenggunakansoftware fluidsimdengansikapsiswa. Berdasarkantemuaniniadabeberapa saran 1) bagisiswahendaklahrangkaiankontroldisimulasikanduludenganmenggunakansoftware fluidsimsupayatidakterjadikesalahandanmemperlancarkegiatanpraktekpengendalidayateganganrendah 2)bagi guru guruhendaknyamenanamkanpadasiswaperlunyamenguasaiketrampilankomputerdanpenguasaansoftware fluidsim 3) Bagi Dinas Pendidikan daerah perlumengupayakan pengadaan media komputer di sekolah-sekolah 4) bagipenelitiselanjutnyaperlumemadukanbeberapavariabel sepertipendekatanmengajar karakteristiksiswa dangayabelajarsiswadalampengaruhnyaterhadaphasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61940

Actions (login required)

View Item View Item