Peningkatan keterampilan bercerita siswa pada subtema Hebatnya Cita-citaku melalui media boneka tangan kelas IVB SD negeri Tamping Mojo Jombang / Reham Resti Anggraeni

Anggraeni, Reham Resti (2016) Peningkatan keterampilan bercerita siswa pada subtema Hebatnya Cita-citaku melalui media boneka tangan kelas IVB SD negeri Tamping Mojo Jombang / Reham Resti Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Reham Resti. 2016. Peningkatan Keterampilan Bercerita Siswa pada Subtema Hebatnya Cita-citaku Kelas IVB SD Negeri Tampingmojo Jombang. Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd, (II) Drs. Sumanto, M.Pd. Kata Kunci: keterampilan bercerita, media boneka tangan, kelas IVB SD Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SD Negeri Tampingmojo pada kelas IVB diketahui bahwa keterampilan bercerita siswa tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan pada saat kegiatan bercerita siswa kurang antusias; kurang percaya diri; malu-malu; tegang; dan takut ditertawakan, selain itu guru dalam kegiatan bercerita tidak menggunakan media, sehingga diperlukan suatu pembelajaran dengan menggunakan media tepat, menarik, dan menyenangkan, yaitu media boneka tangan yang diharapkan dapat membantu siswa untuk mengasah imajinasi dan kreativitas siswa sehingga mampu meningkatkan keterampilan bercerita siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan media boneka tangan dalam meningktkan keterampilan bercerita siswa pada subtema hebatnya cita-citaku; dan (2) peningkatan keterampilan bercerita siswa menggunakan media boneka tangan pada subtema hebatnya cita-citaku. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Tampingmojo Jombang dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan hasil bercerita siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media boneka tangan berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang telah disusun peneliti; dan (2) keterampilan bercerita siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil nilai rata-rata bercerita siswa pada siklus I adalah 63, 74 dengan ketuntasan klasikal 56% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,09 dengan ketuntasan klasikal 80%. Peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II sebesar 24%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa. Saran untuk guru dalam meningkatkan keterampilan bercerita siswa menggunakan media boneka tangan dengan cara pemodelan, dimana guru memberikan contoh terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6194

Actions (login required)

View Item View Item