Pengaruh berbagai macam faktor terhadap penerapan K3 di Bengkel Pemesinan SMK di Pasuruan / Musa Wahyu Pangeran - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh berbagai macam faktor terhadap penerapan K3 di Bengkel Pemesinan SMK di Pasuruan / Musa Wahyu Pangeran

Pangeran, Musa Wahyu (2015) Pengaruh berbagai macam faktor terhadap penerapan K3 di Bengkel Pemesinan SMK di Pasuruan / Musa Wahyu Pangeran. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangeran Musa Wahyu. 2015. Pengaruh Berbagai Macam Faktor Terhadap Penerapan K3 di Bengkel Pemesinan di Pasuruan. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr. Tuwoso M.P. Kata kunci penerapan K3 pengetahuan siswa tentang K3 sikap siswa pada K3 dukungan dikolah pada K3 fasilitas K3. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian Teknik Pemesinan (TPm) saat melakukan praktik pemesinan di bengkel sekolah mereka berinteraksi dengan peralatan perkakas pemesinan yang memiliki resiko kecelakaan kerja tinggi. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sangat penting untuk diperhatikan karena kecelakaan kerja dapat terjadi sewaktu-waktu. Penelitian ini bertujuan menemukan (1) Pengaruh secara simultan antara pengetahuan siswa tentang K3 dan dukungan sekolah pada K3 terhadap sikap siswa pada K3 di bengkel pemesinan SMK di Pasuruan (2) Pengaruh secara simultan antara pengetahuan siswa tentang K3 dukungan sekolah pada K3 dan sikap siswa pada K3 terhadap fasilitas K3 di bengkel pemesinan SMK di Pasuruan dan(3) Pengaruh secara simultan antara pengetahuan siswa tentang K3 dukungan sekolah pada K3 sikap siswa pada K3 dan fasilitas K3 terhadap penerapan siswa pada K3 di bengkel pemesinan SMK di Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK di Pasuruan sebanyak 716 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa yang ditetapkan secara proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes quesioner dan observasi. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengetahuan siswa tentang K3 dan dukungan sekolah pada K3 berpengaruh signifikan terhadap sikap siswa pada K3 (2) Pengetahuan siswa tentang K3 dukungan sekolah pada K3 dan sikap siswa pada K3 berpengaruh signifikan terhadap fasilitas K3 dan (3) Pengetahuan siswa tentang K3 dukungan sekolah pada K3 sikap siswa pada K3 dan fasilitas K3 berpengaruh signifikan terhadap penerapan siswa pada K3 di bengkel pemesinan SMK di Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar (1) Sekolah untuk lebih mengoptimalkan lagi kebijakan pendanaan dan sumber daya (2) Guru disarankan untuk lebih memperhatikan serta meningkatkan lagi proses pembelajaran yang ada dan(3) Siswa untuk bersunggung-sungguh dalam menjalankan proses pembelajaran praktik untuk tercapainya penerapan K3 yang sesuai dan tidak terjadi kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61931

Actions (login required)

View Item View Item