Penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Purworejo 03 Kabupaten Madiun / Fakhriyatu Zahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Purworejo 03 Kabupaten Madiun / Fakhriyatu Zahro

Zahro, Fakhriyatu (2016) Penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Purworejo 03 Kabupaten Madiun / Fakhriyatu Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahro Fakhriyatu. 2016. Penerapan Model Student Teams Achievement Division (STAD) untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Purworejo 03 KabupatenMadiun. Skripsi.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. DimyatiS.Pd M.Pd (2) Muchtar M.Si. Kata Kunci peningkatan hasilbelajar model pembelajaran STAD Proses pembelajaran IPA di SDN Purworejo 03 KabupatenMadiundiketahuibahwa guru kelas IV padasaatpembelajarankurangdapatmenciptakansuasanabelajar yang menarikdanmenyenangkan tidak mendorongsiswaaktifsecarafisik mental danemosi. Akibatnya proses pembelajarantidakberlangsungdenganbaik yang berdampakpadahasilbelajarsiswa. Untukmengatasihaltersebutperludiadakanperbaikandenganmenggunakan model pembelajaranStudent Teams Achievement Division (STAD).Model pembelajaran STAD adalah model pembelajaran yang dilakukansecaraberkelompok 4-5 siswasecaraheterogen yang menekankaninteraksiantarasiswasatudengansiswalainnyauntukmencapaitujuanpembelajaran. Pelaksanaaninidilakukandengantujuanuntukmendiskripsikanpenerapkan model pembelajaran STAD dalammatapelajaran IPA padasiswakelas IV SDN Purworejo 03 KabupatenMadiundanmendiskripsikan hasil belajar siswa pada matapelajaranIPA melalui penerapan model STAD di Kelas IV SDNPurworejo 03 KabupatenMadiun. Jenispenelitian yang dilakukanmenggunakannPenelitianTindakanKelas (PTK) denganmenggunakanpendekatankualitatif.Penelitidilaksanakan di SDN Purworejo 03 KabupatenMadiun.Subjekpenelitianyaitukelas IV semester genap SDN Purworejo 03 KabupatenMadiuntahunpelajaran 2015/2016 denganjumlahsiswa 26 orang yang terdiridari 18 siswalaki-lakidan 8 siswaperempuan. Prosedurpelaksaan PTK menggunakan model siklusHopkins.Dari hasilpenelitiandapatmenunjukkanhasilbelajarsiswameningkatdarisiklus I kesiklus II.Meningkatnyatingkatketuntasanhasilbelajarsiswadarisiklus I kesiklus II yaitudari 15 siswa yang tuntaske 19 siswa yang tuntas. Penerapan model pembelajaraan STAD padamatapelajaran IPA sangatefektifuntukdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Agar pembelajarandengan model pembelajaran STAD dapatberjalanefektif implementasikanskematahapansecarasistematisdanutuh.Hasilpenelitianinidapatdijadikanpijakanuntukpenelitianlanjutdenganberpijakpadarancanganpenelitian yang berbedadansasaranpenelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6193

Actions (login required)

View Item View Item