Kontribusi bimbingan karir, prestasi belajar kewirausahaan, pengalaman praktik kerja industri terhadap motivasi serta dampaknya pada kesiapan kerja SMK se-kota Malang / Arief Rahman Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi bimbingan karir, prestasi belajar kewirausahaan, pengalaman praktik kerja industri terhadap motivasi serta dampaknya pada kesiapan kerja SMK se-kota Malang / Arief Rahman Yusuf

Yusuf, Arief Rahman (2015) Kontribusi bimbingan karir, prestasi belajar kewirausahaan, pengalaman praktik kerja industri terhadap motivasi serta dampaknya pada kesiapan kerja SMK se-kota Malang / Arief Rahman Yusuf. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Yusuf Arief. 2015. Kontribusi Bimbingan Karir Prestasi Belajar Kewirausahaan dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Motivasi serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja SMKSe-Kota Malang. Tesis PendidikanKejuruan Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. (II) Dr. HakkunElmunsyah M.T. Kata Kunci Bimbingan Karir Prestasi Belajar Kewirausahaan Pengalaman Praktik Kerja Industri Motivasi Kesiapan Kerja. Sekolah MenengahKejuruan (SMK ) berperan pentingdalam membentuk kemampuan diri siswa untuk merencanakan masa depan tetapi masalah yang dihadapi SMKadalah bagaimana mengupayakan jaminan setelah siswa menyelesaikan pendidikanmenengah. Tujuanpenelitianiniadalahmengetahui (1) Kontribusibimbingankarir pengalamanpraktekkerjaindustri prestasibelajarkewirausahaanterhadapmotivasikerjasiswa SMK KompetensikeahlianTeknikKomputerJaringan se-Kota Malang. (2) Kontribusibimbingankarir pengalamanprakerin prestasibelajarkewirausahaanterhadapmotivasiberwirausahasiswa SMK KompetensikeahlianTeknikKomputerJaringan se-Kota Malang. (3) Kontribusibimbingankarir pengalamanprakerin prestasibelajarkewirausahaan motivasikerja danmotivasiberwirausahaterhadapkesiapankerjasiswa SMK KompetensikeahlianTeknikKomputerJaringan se- Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis jalur (pathanalysis).PopulasipenelitianiniadalahsiswaTeknikKomputerJaringanKelas XII se-Kota Malang sejumlah 510 siswadengankriteriapengambilanpopulasi (1) SMK yang sudahmempunyaistandar ISO 9001 2008 (2) SMK yang mempunyaiakreditasi A (3) Memilikijumlah guru ideal (4) SMK yang mempunyaitenagapraktisikejuruan. Empatkriteriatersebutdidapatkan 4 sekolahyaitu SMKN 1 Malang SMKN 5 Malang SMKN 10 Malang dan SMK Telkom Sandhy Putra. Sampelpeneltianinimenggunakanteknikproposional random sampling danmetode Isaac Michael sehinggadidapatkansampel 205 siswa. Berdasarkanpenelitianini menghasilkanbeberapatemuanyaitu (1) Bimbingan karir pengalaman prakerin dan prestasi belajar kewirausahaan berkontribusi signifikan 62 6% terhadap motivasi kerja dan 37 4% dipengaruhi oleh faktor lain (2)Bimbingan karir pengalaman prakerin dan prestasi belajar kewirausahaan memberikan kontribusi signifikan sebesar 65 7% terhadap motivasi berwirausaha dan sisanya 34 3% dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Bimbingan karir pengalaman prakerin dan prestasi belajar kewirausahaan motivasi kerja dan motivasi berwirausaha memberikan kontribusi 81 2% terhadap kesiapan kerja dan sisanya 18 8% dipengaruhi oleh faktor Berdasarkanpenelitianinidisarankan agar (1) Pada layanan bimbingan karier perlu dilakukan peningkatandengancarasiswadiajakmelihatlangsungjenis-jenispekerjaan yang ada di lapanga (2) guru mendorong siswa untuk menggali peluang di kehidupan sehari-hari dalam berwirausaha (3) Siswa hendaknya lebih meningkatkan lagi motivasi kerja dan berwirausaha dengancaramenambahpengalamanbekerjaatauberwirausahasehinggamereka siap menghadapi dunia usaha dan dunia industri saat lulus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61927

Actions (login required)

View Item View Item