Kesiapan memasuki dunia usaha/dunia industri (DU/DI) siswa SMK paket keahlian rekayasa perangkat lunak di Kota Batu / Agung Panji Sasmito - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan memasuki dunia usaha/dunia industri (DU/DI) siswa SMK paket keahlian rekayasa perangkat lunak di Kota Batu / Agung Panji Sasmito

Sasmito, Agung Panji (2015) Kesiapan memasuki dunia usaha/dunia industri (DU/DI) siswa SMK paket keahlian rekayasa perangkat lunak di Kota Batu / Agung Panji Sasmito. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasmito Agung Panji. 2015. Kesiapan Memasuki Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) Siswa SMK Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di Kota Batu.Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Kustono M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Syaad Patmanthara M.Pd. Kata kunci pendidikan kejuruan kesiapan kerja SMK Rekayasa Perangkat Lunak Kota Batu mengalami masalah keterserapan tenaga kerja lulusan SMK. Berdasarkan observasi awal penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti diperoleh data lulusan SMK paket keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di Kota Batu yang terserap kerja ke DU/DI hanya sebesar 49 15%. Salah satu faktor penyebab rendahnya keterserapan lulusan SMK ke dunia kerja adalah rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Terdapat dua buah kompetensi SDM calon tenaga kerja yang dibutuhkan oleh DU/DI yaitu (1) kompetensi spesifik (hard skill) dan (2) kompetensi general (soft skill). Hard skill meliputi (1) penguasaan mata pelajaran produktif dan (2) relevansi Prakerin. Soft skill meliputi (1) motivasi untuk bekerja dan (2) minat kerja. Seluruh kompetensi tersebut diduga berkontribusi terhadap kesiapan siswa untuk bekerja di DU/DI selepas lulus dari SMK. Pada penelitian ini dikaji kontribusi antara variabel penguasaan mata pelajaran produktif ( 958 1) relevansi Prakerin ( 958 2) dan motivasi kerja( 958 3) terhadap minat kerja ( 951 1) dan kesiapan siswa SMK paket keahlian RPLdi Kota Batu dalam memasuki DU/DI ( 951 2). Rancangan penelitian adalah penelitian survei yang dilakukan pada 56 siswa kelas XII SMK paket keahlian RPL di Kota Batu. Pengumpulan data variabel 958 1 menggunakan dokumentasi sedangkan 958 2 958 3 951 1 dan 951 2 menggunakan kuesioner. Besar kontribusi dari hubungan kausal antarvariabel laten dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) 958 1 berkontribusi signifikan terhadap 951 1 (2) 958 2 berkontribusi signifikan terhadap 951 1 (3) 958 3 berkontribusi signifikan terhadap 951 1 (4) 958 1 tidak berkontribusi signifikan terhadap 951 2 (5) 958 2 berkontribusi signifikan terhadap 951 2 (6) 958 3 berkontribusi signifikan terhadap 951 2 dan (7) 951 1 berkontribusi signifikan terhadap 951 2.Bertitik tolak kepada hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) penguasaan mata pelajaran produktif relevansi Prakerin dan motivasi kerja siswa dapat meningkatkan minat kerja siswa (2) penguasaan mata pelajaran produktif dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam memasuki DU/DI akan tetapi peningkatannya tidak berkontribusi signifikan secara statistik dan (3) relevansi Prakerin motivasi kerja dan minat kerja dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam memasuki DU/DI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61925

Actions (login required)

View Item View Item