Kontribusi keterlibatan siswa di teaching factory dan pelayanan bimbingan karir terhadap motivasi berwirausaha serta dampaknya pada kesiapan berwirausaha siswa kompetensi keahlian jasa boga SMK Negeri 3 Malang / Aprillia Vita Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi keterlibatan siswa di teaching factory dan pelayanan bimbingan karir terhadap motivasi berwirausaha serta dampaknya pada kesiapan berwirausaha siswa kompetensi keahlian jasa boga SMK Negeri 3 Malang / Aprillia Vita Ramadhani

Ramadhani, Aprillia Vita (2015) Kontribusi keterlibatan siswa di teaching factory dan pelayanan bimbingan karir terhadap motivasi berwirausaha serta dampaknya pada kesiapan berwirausaha siswa kompetensi keahlian jasa boga SMK Negeri 3 Malang / Aprillia Vita Ramadhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Aprillia Vita. 2015. Kontribusi Keterlibatan Siswa di Teaching Factory dan Pelayanan Bimbingan Karir terhadap Motivasi Berwirausaha serta Dampaknya pada Kesiapan Berwirausaha Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 3 Malang. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat ST M.Pd (II) Dr. Mazarina Devi M.Si. Kata kunci keterlibatan siswa teaching factory bimbingan karir motivasi berwirausaha kesiapan berwirausaha SMK Pelajaran produktif yang terdapat dalam kurikulum SMK bersinergi dengan keperluan dunia usaha. Artinya setiap lulusan SMK mendapat kesempatan untuk dapat berwirausaha dan diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri. Oleh karena itu siswa SMK perlu dibekali keterampilan dan motivasi berwirausaha. Motivasi berwirausaha didukung dengan keterlibatan siswa pada pembelajaran produktif di teaching factory dan pemahaman siswa saat mengikuti bimbingan karir diharapkan meningkatkan kesiapan dalam menghadapi masa depan yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara variabel eksogen terhadap variabel endogen. Variabel eksogen yang dimaksud adalah keterlibatan siswa di teaching factory (X1) dan pelayanan bimbingan karir (X2) sedangkan variabel endogennya adalah motivasi berwirausaha (Y) dan kesiapan berwirausaha (Z). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei. Populasi penelitian adalah siswa kompetensi keahlian Jasa Boga SMK Negeri 3 Malang. Sampel penelitian sebanyak 86 responden ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Pengujian pada analisis jalur terbagi menjadi dua yaitu secara simultan dan individual. Perbaikan model analisis jalur digunakan untuk jalur yang tidak signifikan melalui analisis model trimming yang dilanjutkan pengujian kesesuaian model. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan (1) ada kontribusi yang signifikan antara keterlibatan siswa di teaching factory dan pelayanan bimbingan karir terhadap motivasi berwirausaha sebesar 47 61% (2) ada kontribusi yang signifikan antara keterlibatan siswa di teaching factory pelayanan bimbingan karir dan motivasi berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 33 00% (3) Ada kontribusi yang signifikan X1 terhadap Y sebesar 47 61% (4) Tidak ada kontribusi yang signifikan X2 terhadap Y (5) ada kontribusi yang signifikan X1 terhadap Z sebesar 9 85% (6) tidak ada kontribusi yang signifikan X2 terhadap Z (7) ada kontribusi yang signifikan Y terhadap Z sebesar 9 67%. Saran dari peneliti sebagai berikut (1) bagi siswa untuk lebih sering terlibat dalam praktek teaching factory (2) bagi guru dan sekolah untuk mengarahkan pelayanan bimbingan karir pada potensi siswa berwirausaha (3) bagi peneliti selanjutnya menggunakan pendekatan penelitian kualitatif sehingga memberikan deskripsi hasil data lebih spesifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61923

Actions (login required)

View Item View Item