Mindarta, Erwin Komara (2015) Diversifikasi blended learning untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa matakuliah praktikum diagnosis gangguan mesin di Universitas Negeri Malang / Erwin Komara Mindarta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mindarta Erwin Komara. 2015. Diversifikasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Matakuliah Praktikum Diagnosis Gangguan Mesin Di Universitas Negeri Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mardji M.Kes. (II) Dr. R. Machmud Sugandi M.T. Keywords blended learning kompetensi diagnosis gangguan mesin Diversifikasi blended learning adalah usaha mencari bentuk yang lain dari model pembelajaran blended learning dengan melengkapi komponen-komponen dari desain model pembelajaran lainnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kualitas model pembelajaran blended learning dengan menggunakan edmodo sebagai learning management sistem (LMS) dilengkapi seperangkat komponen yang saling berhubungan sebagai satu kesatuan yang meliputi a) desain blended learning b) panduan edmodo c) jobsheet praktikum d) evaluasi tes dan non tes dan e) video pembelajaran dan 2) mengetahui efektivitas pengembangan produk dilihat dari perbandingan kognitif afektif psikomotor dan motivasi belajar mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran praktikum diagnosis gangguan mesin menggunakan model blended learning dengan kognitif afektif dan psikomotor mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran Praktikum diagnosis gangguan mesin menggunakan model konvensional pada uji coba lapangan skala besar. Penelitian ini menggunakan rancangan R D dengan menggunakan model 5 langkah yang diadopsi dan diadaptasi dari Tim Puslitjaknov. Prosedur penelitian dan pengembangan meliputi 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan 2) mengembangkan produk awal 3) melakukan validasi ahli dan revisi 4) melakukan ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk dan 5) melakukan ujicoba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek coba terdiri dari 1) ahli produk 5 orang dan 2) mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif semester gasal 2014/2015 sebanyak 121 orang. Data hasil penelitian dan pengembangan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial berupa uji t dua sampel independen. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa 1) rata-rata total skor validasi ahli produk blended learning adalah 79 37% dan masuk kategori Tinggi 2) rata-rata total skor ujicoba lapangan skala kecil adalah 68 36% dan masuk kategori Tinggi 3) hasil posttest kelompok eksperimen 77 58% lebih baik dibandingkan rerata hasil posttest kelompok kontrol 62 62% 4) hasil penilaian afektif kelompok eksperimen 80 78% lebih baik dibandingkan rerata hasil penilaian afektif kelompok kontrol 73 22% dan 5) hasil penilaian psikomotor kelompok eksperimen 74 45% lebih baik dibandingkan rerata hasil penilaian psikomotor kelompok kontrol 62 75.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61922 |
Actions (login required)
View Item |