Kontribusi ketersediaan sarana prasarana praktik dan keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan serta dampaknya pada kompetensi kejuruan siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan se-Kota Malang / Becik Gati Anjari

Anjari, Becik Gati (2015) Kontribusi ketersediaan sarana prasarana praktik dan keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan serta dampaknya pada kompetensi kejuruan siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan se-Kota Malang / Becik Gati Anjari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anjari, Becik Gati. 2015. Kontribusi Sarana Prasarana Praktik dan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Kepuasan serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan Siswa SMK Kompetensi Keahlian TKJ se-Kota Malang. Tesis,Pendidikan Kejuruan, Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. Ir.Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dr. Muladi, S,T., M.T. Kata Kunci: sarana prasarana praktik, keterampilan mengajar guru, kepuasan siswa, kompetensi kejuruan Perkembanganpendidikan SMK saat ini menimbulkan persaingan dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat.Pelayanan tersebut hendaknya dapat mewakili harapan masyarakat. Masyarakat berharap agar lulusan SMK nantinya akan memiliki kompetensi khusus untuk bekal bersaing di dunia usaha maupun industri. Pencapaian kompetensi berkaitan erat dengan kualitas proses belajaryang dapat dinilai dari seberapa besar kepuasan siswa. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kontribusi sarana prasarana praktik dan keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan serta dampaknya pada kompetensi kejuruan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk melihat kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat melalui hubungan kausal. Model analisa pola hubungan antar variabel menggunakan analisis jalur (path analysis). Subjek penelitian adalah siswa kompetensi keahlian TKJ di SMK Negeri se-Kota Malang, sampel penelitian ditentukan menggunakan teknikpurposive random sampling, yaitu sebesar 166 siswa dari tiga sekolah yaitu SMK N 5, SMK N 8dan SMK N 10 Malang. Hasil analisis menunjukkan bahwa:(1) terdapat kontribusi ketersediaan sarana prasarana praktik terhadap kepuasan siswa sebesar 10,36%, (2) terdapat kontribusi keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan siswa sebesar 7,6%, (3) terdapat kontribusi ketersediaan sarana prasarana praktikterhadap kompetensi kejuruan siswa sebesar 3,31%(4) terdapat kontribusi keterampilan mengajar guru terhadap kompetensi kejuruan siswa sebesar 3,38%, (5) terdapat kontribusikepuasan siswaterhadap kompetensi kejuruan siswa sebesar 4,49%, (6)terdapat kontribusi ketersediaan sarana prasarana praktik dn keterampilan mengajar terhadap kepuasan siswa sebesar 21,2%, (7) terdapat kontribusiketersediaan sarana prasarana praktik, keterampilan mengajar guru dan kepuasan terhadap kompetensi kejuruan siswa sebesar 17,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61920

Actions (login required)

View Item View Item