Analisis kesalahan penulisan kalimat langsung dan tidak langsung pada tulisan siswa kelas IV SDN Bumiayu 4 Kota Malang / M. Irfan Mahrus - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penulisan kalimat langsung dan tidak langsung pada tulisan siswa kelas IV SDN Bumiayu 4 Kota Malang / M. Irfan Mahrus

Mahrus, M. Irfan (2016) Analisis kesalahan penulisan kalimat langsung dan tidak langsung pada tulisan siswa kelas IV SDN Bumiayu 4 Kota Malang / M. Irfan Mahrus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahrus Muhammad Irfan. 2016 Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat Langsung Dan kalimat Tidak Langsung Pada Tulisan Siswa Kelas IV SDN Bumiayu 04 kota Malang Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Muchtar S.Pd. M.Sidan (2) Drs. H. M. Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata kunci Analisis kalimat langsung dan tidak langsung tulisan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Bumiayu 4 kelas IV terdapat 42 orang siswa. Masih banyak siswa yang belum memahami penulisan kalimat langsung dan tidak langsung. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung pada tulisan siswa kelas IV SDN Bumiayu 4 kota Malang dan mendeskripsikan hasil tulisan siswa pada penggunaan huruf kapital tanda titik tanda koma tanda petik tanda tanya dan tanda seru. PenelitianinimenggunakanPenelitianDeskriptif kualitatif.Datapenelitianadalah42 orangsiswa. Instrumenpenelitianmeliputilembarwawancara danlembar instrumen tes.Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data kesalahan pemberian kode identifikasi dan pengklasifikasian data. Berdasarkanhasil analisis data tersebut diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Kesalahan-kesalahanpadakalimatlangsung yaitu a) Padapenulisanhurufkapitalpadaawalkalimat tetapimasihadasiswa yang belumtepatpadapenulisannya b) Padapenggunaantandabacatitikpadaakhirkalimattetapimasihadasiswa yang belumtepatpadapenggunaannya c) Padapenggunaantandabacakomauntukmemisahkanpetikanlangsungdaribagian lain d) Padapenggunaantandabacapetikuntukmengapitpetikanlangsung yang berasaldaripembicaraandannaskahataubahantertulis lain e) Padapenggunaantandabacatanyamasihadasiswa yang belumtepatpadapenggunaannya f) Padapenggunaantandaserudigunakansesudahungkapanataupernyataan yang berupaseruanatauperintah masih ada siswa yang belum tepat pada penggunaanya.Kedua Kesalahan-kesalahanpadakalimat tidaklangsung yaitu a) Padapenulisanhurufkapitalpadaawalkalimat b) Padapenggunaantandabacatitikpadaakhirkalimat c) Padapenggunaantandabacakomauntukdipakaiuntukmemisahkananakkalimatdariindukkalimattetapimasihadasiswa yang belumtepatpadapenggunaanya. Saran penelitian sebagai berikut. Pertama bagi guru hasil penelitian ini menjadi suatu informasi mengenai kesalahan penulisan pada kalimat langsung dan tidak langsung pada penggunaan tanda baca. Kedua untuk peneliti lain yang memiliki keinginan melanjutkan penelitian dengan kajian yang sama dapat memperluas bahasan pada penelitian dan dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6192

Actions (login required)

View Item View Item