Pelaksanaan bimbingan karir bagi siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada dua SMK Negeri di Kabupaten Malang / Teguh Pribadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan bimbingan karir bagi siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada dua SMK Negeri di Kabupaten Malang / Teguh Pribadi

Pribadi, Teguh (2015) Pelaksanaan bimbingan karir bagi siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada dua SMK Negeri di Kabupaten Malang / Teguh Pribadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pribadi Teguh. 2015. Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Pada Dua SMK di Kabupaten Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) Dr. Tuwoso M.P. Kata kunci bimbingan karir karir siswa program bimbingan Bimbingan karir adalah salah satu program bimbingan yang bertujuan untuk membantu siswa dapat memahami diri dan lingkungannya serta dapat menentukan dan merencanakan karir yang sesuai dengan diri dan lingkungannya. Fokus penelitian ini adalah 1) mengetahui kebijakan manajemen sekolah terkait dengan bimbingan karir 2) mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan karir bagi siswa kelas XII 3) mengetahui cara pandang guru BK terkait dengan program bimbingan karir 4) mengetahui bagaimana cara pandang guru produktif terkait dengan program bimbingan karir 5) mengetahui bagaimana kontribusi guru produktif terkait dengan program bimbingan karir 6) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam program bimbingan karir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan multi situs. Dalam hal ini peneliti merupakan instrument utama data didapatkan dengan cara wawancara observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis induksi termodifikasi. Dalam penelitian ini perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan triangulasi pengecekan anggota keteralihan konfirmabilitas diterapkan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak ada kebijakan khusus terkait dengan program bimbingan karir yang ada adalah kebijakan secara umum untuk guru BK yakni terkait dengan cara guru BK memasuki kelas guna menyampaikan materi 2) perencanaan program bimbingan karir menjadi satu dengan program-program BK yang lainnya perencaannya hanya dilakukan oleh guru BK saja dengan cara rapat kecil. Rencana program bimbingan karir adalah materi-materi terkait dengan bimbingan karir. Pemberian kepada siswa dilaksanakan dengan cara klasikal dan bimbingan secara kelompok. Evaluasi dari program bimbingan karir hanya sebatas materi yang direncanakan apakah sudah tersampaikan atau belum 3) semua guru BK menganggap bahwa pelaksanaan bimbingan karir merupakan hal yang penting bagi siswa 4) semua guru produktif beranggapan bahwa bimbingan karir bagi siswa merupakan hal yang penting 5) kontribusi guru produktif dalam bimbingan karir adalah dengan cara memberikan motivasi-motivasi arahan pengenalan dunia kerja dan lain sebagainya. Biasanya pemberian bimbingan oleh guru produktif ini dilakukan pada saat awal pembelajaran 6) kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan bimbingan karir yang paling besar adalah tidak adanya jam masuk kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61913

Actions (login required)

View Item View Item