Kontribusi pengalaman pendidikan dan hasil belajar terhadap hasil microteaching dan hasil praktek pengalaman lapangan serta dampaknya p;ada kesiapan menjadi pendidik (studi pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang) / L. Endah Cahya Ningru - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pengalaman pendidikan dan hasil belajar terhadap hasil microteaching dan hasil praktek pengalaman lapangan serta dampaknya p;ada kesiapan menjadi pendidik (studi pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang) / L. Endah Cahya Ningru

Ningrum, L. Endah Cahya (2015) Kontribusi pengalaman pendidikan dan hasil belajar terhadap hasil microteaching dan hasil praktek pengalaman lapangan serta dampaknya p;ada kesiapan menjadi pendidik (studi pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang) / L. Endah Cahya Ningru. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningrum L. EndahCahya. 2015. KontribusiPengalamanPendidikandanHasilBelajarterhadapHasilMicroteachingdanPraktekPengalamanLapangansertadampaknyapadaKesiapanmenjadiPendidik. Tesis Program Studi S2 PendidikanKejuruan Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SyarifSuhartadi M.Pd. (II) Dr. HakkunElmunsyah M.T. Kata kunci pengalamanpendidikan hasilbelajar hasilmicroteaching hasilpraktek pengalamanlapangan kesiapanmenjadipendidik Pendidikan yang berkualitas bergantung pada kualitas kompetensi yang dimiliki oleh guru. Seorang guru yang berkualitas harus memiliki kualifikasi dan kompetensi. Tugas guru bukan hanya sekedar pemberi ilmu pengetahuan di depan kelas tetapi guru merupakan tenaga profesional yang dapat menjadikan peserta didiknya mampu merencanakan menganalisis dan menyimpulkan masalah yang dihadapi. Proses pembelajaran yang dilaksanakanoleh guru sebagaipendidik profesional dan memiliki kualifikasi yang baik akan menentukan prestasi peserta didik. Penelitianinidilakukanuntukmengetahuikontribusiantaravariabeleksogenterhadapvariabel endogen. VariabeleksogentersebutyaituPengalamanPendidikan (X1) danHasilBelajar (X2) sedangkanvariabelendogennyayaituHasilMicroteaching (Y1) Hasil PPL (Y2) danKesiapanmenjadiPendidik (Z). Jenispenelitian yang digunakanadalaheksplanatoridenganpendekatan kuantitatif menggunakanteknikanalisisjalur. Populasidalampenelitianiniadalahmahasiswa S1 PTE UM semester 7 yang terbagimenjadiduaoffering yaitu A dan B. Jumlahoffering A adalah 53 dan offering B adalah 48 sehingga total populasiadalah 101 mahasiswa. Sampel yang digunakanpadapenelitianiniadalahsebanyak 81 respondendenganteknikpengambilansampelproportional random sampling. Data yang digunakanpadapenelitianinidiperolehdariangketdandokumentasi. AngketdigunakanuntukmencariinformasipadavariabelPengalamanPendidikandanKesiapanmenjadiPendidikdarisubjekpenelitian. Angket yang dibuatdiujivaliditasdanreliabilitasolehahlidantelahdilakukanujicoba. Dokumentasidilakukanuntukmemperoleh data daritempatpenelitianyaitu FT UM TE UM dan LP3 UM yang berupadaftarkumpulannilaimahasiswauntukvariabelHasilBelajar HasilMicroteachingdanHasil PPL. Hasilanalisisterdiridarideskriptif data danujihipotesis. Ujihipotesisdilakukansetelahujiprasyaratanalisis data terpenuhiyaituujinormalitasdanlinieritas. Ujihipotesis yang digunakanadalahanalisisjalur. Pengujianpadaanalisisjalurterbagimenjadiduayaitusecarasimultandan individual yang dilengkapidenganujiasumsiklasikyaituujimultikolinieritas autokorelasi danheteroskedastisitaspadamasing-masing sub-struktur. Perbaikan model analisisjalurjugadigunakanuntukjalur yang tidaksignifikanmelaluianalisis model trimming yang menghasilkan Model 2 kemudiandilanjutkandenganpengujiankesesuaian model. Menurutujikesesuaian model bahwakedua model tidakberbeda. Berdasarkanhasilanalisisdiperolehkesimpulanyaitu (1) adakontribusi yang signifikanPengalamanPendidikandanHasilBelajarsecarasimultan yang secaralangsungmempengaruhiHasilMicroteachingsebesar 32 3% (2) adakontribusi yang signifikanPengalamanPendidikan HasilBelajardanHasilMicroteachingsecarasimultan yang secaralangsungmempengaruhihasil PPL sebesar 37 1% (3) adakontribusi yang signifikanPengalamanPendidikan HasilBelajar HasilMicroteachingdanHasil PPL secarasimultan yang secaralangsungmempengaruhiKesiapanmenjadiPendidiksebesar 58 3% dan (4) kontribusiPengalamanPendidikandanHasilBelajarterhadapHasilMicroteachingdanHasil PPL sertadampaknyapadaKesiapanmenjadiPendidik yang dapatdijelaskanoleh model analisisjalurpadapenelitianinisebesar57 8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61912

Actions (login required)

View Item View Item