Prayogi, Dian (2015) Pengembangan bahan ajar Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan higiene sanitasi berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Cor Jesu Malang / Dian Prayogi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prayogi Dian. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan Higiene Sanitasi Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Cor Jesu Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat. S.T. M.Pd. (II) Dr. Hj. Rina Rifqie Mariana M.P. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar K3 dan Higine Sanitasi Problem Based Learning Bahan ajar memiliki peranan penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar terutama dalam menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk buku ajar berbasis Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk buku ajar untuk mata pelajaran K3 dan Higiene Sanitasi yang menggunakan model pembelajaran PBL yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Cor Jesu Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini didasarkan pada tahap-tahap penelitian pengembangan menurut Sukmadinata. Subjek uji coba produk bahan ajar K3 dan Higiene Sanitasi dilakukan oleh dosen (ahli materi ahli bahan ajar dan ahli bahasa) guru dan siswa. Data yang diperoleh dari uji coba produk pengembangan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil penilaian validasi hasil penilaian uji coba perorangan melalui angket hasil uji coba kelompok kecil melalui angket hasil uji coba lapangan melalui angket dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar pada uji coba lapangan. Data kuantitatif diperoleh melalui tes berupa data hasil tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dari uji coba lapangan. Hasil data dianalisis dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) Ver.17 For Windowsuntuk proses analisis data. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian tentang kelengkapan penyajian terhadap buku ajar hasil pengembangan berada pada kualifikasi Baik yang berarti buku ajar tidak perlu direvisi. Hal ini didukung pada hasil uji coba lapangan berdasarkan perhitungan menggunakan uji t dari nilai pretest dan posttest dan didapatkan nilai didapatkan nilai taraf Sig. (2-tiled) sebesar 0 000. Ternyata 945 0 05 lebih besar dari nilai Sig.(2-tiled) atau (0 000 61500 0 05) yang berarti hasil belajar menunjukkan adanya perbedaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Model PBL yang digunakan dalam bahan ajar ini membuktikan bahwa pada setiap kegiatan peserta didik yang berupa menganalisis permasalahan mencari informasi dan penemuan solusi dapat dijadikan sebagai sarana mengarahkan peserta didik lebih aktif dalam membangun pengetahuannya dan mampu berpikir kritis terhadap permasalahan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |