Pengembangan media pembelajaran kelistrikan berbasis livewire kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMKN 6 Malang / Dani Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kelistrikan berbasis livewire kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMKN 6 Malang / Dani Irawan

Irawan, Dani (2015) Pengembangan media pembelajaran kelistrikan berbasis livewire kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMKN 6 Malang / Dani Irawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawan Dani. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kelistrikan Berbasis Livewire Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 6 Malang. Tesis Progam Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. A. Sonhadji KH. M.A. Ph.D. (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd M.M. Kata kunci pengembangan media pelajaran kelistrikan Livewire Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah dalam pembelajaran kelistrikan di SMKN 6 Malang yaitu banyak sekali prosedur yang harus dilakukan dalam merangkai kelistrikan dan rawan menimbulkan kesalahan fatal yang mengakibatkan kerusakan komponen kelistrikan sehingga siswa tidak mampu mecapai standar kompetensi yang ditetapkan. Hal ini disebabkan pelajaran kelistrikan merupakan konsep abstrak yaitu harus menyakini bahwa listrik itu mengalir tetapi tidak bisa dilihat. Oleh karena itu untuk membawa siswa menjadi taat dan tidak salah dalam merangkai kelistrikan maka sangat diperlukan sebuah media pembelajaran yang bisa menggambarkan aliran listrik secara nyata bergerak dan menyala. sedangkan selama ini belum ada media yang mampu menjelaskan konsep abstrak pada pelajaran kelistrikan tersebut. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran kelistrikan berbasis Livewire sesuai dengan materi pelajaran kelistrikan di SMKN 6 Malang (2) mengetahui ujicoba ahli materi dan ahli media pembelajaran tentang media pembelajaran kelistrikan berbasis Livewire dan (3) mengetahui ujicoba guru dan siswa tentang media pembelajaran kelistrikan berbasis Livewire dan (4) mengetahui keefektifan siswa tentang media pembelajaran kelistrikan berbasis Livewire di SMKN 6 Malang. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analisys Design Development Implementation Evaluation. Kegiatan ujicoba produk digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran yang dibuat. Desain uji coba produk ini dilakukan kepada ahli media ahli materi guru 10 siswa (uji coba kelompok kecil) 24 siswa (Uji kelompok besar). Pada pengujian kelompok besar menggunakan metode pra eksperiment quasi (Quasi experimental designed) dengan rancangan penelitian Single Group Pre-Test Post-Test (Before-After) dengan melakukan pengukuran satu kali sebelum dan satu kali sesudah menggunakan media pembelajaran. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah satu kelas siswa kelas XI TKR-1 yang belum mempelajari kelistrikan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur keefektifan keefesienan dan kemenarikan media yang dikembangkan. Angket yang digunakan adalah angket tertutup yang dikembangkan dari skala likert berisi pernyataan berbeda untuk ahli media ahli materi guru dan siswa sedangkan tes digunakan untuk mengukur prestasi siswa pada ujicoba kelompok besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif berupa data kuantitatif untuk melihat persentase jawaban dari ahli media ahli materi guru dan siswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa gambar rangkaian kelistrikan berbasis Livewire yang dikemas dalam bentuk CD dan dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan dan bahan ajar yang bersifat interaktif yang mengacu pada kompetensi dasar memasang rangkaian/ sistem kelistrikan pengaman dan kelengkapan yaitu rangkaian lampu tanda belok rangkaian lampu kota rangkaian lampu kepala jarak jauh dan dekat lampu kabut lampu rem lampu mundur lampu plat nomor lampu hazart dan klakson. Selain itu juga dilengkapi dengan sistem penerangan lengkap dengan wiring diagram Toyota baik yang dirangkai secara lengkap dan tidak lengkap. Kajian produk akhir media pembelajaran kelistrikan berbasis livewire ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu (a) media pembelajaran Livewire dan (b) buku petunjuk penggunaan. Komponen pada media pembelajaran terdiri dari (1) home (2) main menu (3) tampilan materi kelistrikan. Komponen buku petunjuk penggunaan terdiri dari (1) cover (2) kata pengatar (3) daftar isi (4) hal-hal yang harus diperhatikan guru dalam menggunakan media pembelajaran (5) sekilas tentang buku petunjuk membuat diagram kelistrikan dengan livewire tujuan pembelajaran (6) uraian materi (7) rangkuman (8) tugas/latihan (9) evaluasi (10) kunci jawaban (11) daftar rujukan dan (12) glosarium. Kesimpulan dari penilitian ini adalah menghasilkan produk yang valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran kelistrikan di SMKN 6 Malang dengan tingkat kelayakan dari ahli materi 87 03% tingkat kelayakan ahli media 83 5% penilaian guru matapelajaran kelistrikan 87 64% dan hasil uji coba kelompok kecil (10 orang siswa) adalah 90 63%. Selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok besar kepada 24 orang siswa didapat hasil selisih antara sebelum dan sesudah penggunaan media kelistrikan berbasis Livewire adalah -40 833 dengan signifiakansi 0 00 sehingga media yang dikembangkan efektif untuk pembelajaran kelisitrikan. Saran untuk guru mata pelajaran kelistrikan. Sebelum menyajikan bahan ajar ini di dalam kelas sebaiknya menyaksikan terlebih dahulu secara utuh bahan ajar ini membaca referensi-referensi lain agar lebih menguasai materi kemudian menyiapkan strategi pembelajarannya di dalam kelas. Saran untuk diseminasi produk adalah Saran untuk Guru mata pelajaran kelistrikan diluar SMKN 6 Malang. Guru diluar SMKN 6 Malang disaran kan untuk menggunakan media hasil penelitian ini jika laboratorium komputer memadai. Sedangkan saran untuk pengembangan lebih lanjut yaitu (1) perlu dilakukan penelitian untuk menguji keefektifan media dengan membandingkan media yang lain agar lebih ril keefektifanya (2) menanggapi saran dari para ahli untuk membuat komponen flaser maka perlu pemikiran lebih lajut untuk penyempurnaan komponen tersebut (3) perlu dikembangkan pada kompetensi kelistrikan yang lain misalnya system pengapian system pengisian AC dan lain-lain dan (4) pelaksanaan proses ujicoba lapangan diutamakan orang lain bukan peneliti atau pengembang sendiri. Implementasi media disarankan tetap menggunakan hasil penelitian ini. sehingga produk yang dihasilkan nanti dapat meyempurnakan dan melengkapi produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61910

Actions (login required)

View Item View Item