Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Elya Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Elya Rosyidah

Rosyidah, Elya (2015) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Elya Rosyidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Elya. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan M. Pd M.P (II) I Komang Astina M S.Ph.d. Keywords Problem based learning Outdoor study Hasil belajar Problem Based Learning berbasis Outdoor study sebagai salah satu model pembelajaran autenthentic assesments (penilaian autentik). Autenthentic assesments digunakan sebagai alternatif penilaian yang memungkinkan siswa untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Keunggulan Problem Based Learning berbasis Outdoor Study siswa mengajukan permasalahan dan menyelesaikan masalah yang lebih rumit dari sebelumnya. Siswa lebih aktif lebih kompak dalam kelompok mengembangkan kepemimpinan siswa serta mengasah kemampuan pola analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar geografi siswa SMA pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam. Hipotesis penelitian ini adalah Problem Based Learning berbasis Outdoor Study berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar memecahkan masalah geografi siswa kelas X IIPS SMA Muhammadiyah 1Babat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu digunakan untuk mengungkap hubungan sebab akibat antara variabel bebas dan variabel terikat dengan cara melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Kelas Kontrol dengan penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok dan kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis outdoor study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal Pretest dan Posttest. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan pengaruh PBL berbasis Outdoor Study terhadap hasil belajar memecahkan masalah materi mitigasi bencana alam pada uji t test menggunakan uji Independent sample t tes diperoleh nilai t- hitung t-tabel antara 0 000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61909

Actions (login required)

View Item View Item