Mastho, Muhammad Faisal Fahruddin (2015) Analisis kinerja PRAKERIN dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Telagasari Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan di Kotabaru / Muhammad Faisal Fahruddin Mastho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mastho Muhammad Faisal Fahruddin. 2015. Analisis Kinerja Prakerin dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN 1 Telagasari Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan di Kotabaru. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Muhammad Alfian Mizar M.P dan (II) Dr. Dra. Titi Mutiara Kiranawati M.P. Kata Kunci kesiapan kerja kinerja prakerin prestasi belajar SMK Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk mempersiapkan siswanya memiliki kesiapan kerja. Beberapa hal yang dapat dilakukan pihak sekolah diantaranya dengan meningkatkan kinerja siswa dalam prakerin dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Kedua variabel tersebut merupakan hal penting yang akan peneliti kaji lebih mendalam untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut dengan kesiapan kerja siswa dalam memasuki dunia kerja. Pemilihan kedua hal tersebut karena kinerja prakerin dan prestasi belajar merupakan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kesiapan kerja siswa dalam memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja Prakerin dan prestasi belajar dengan kesiapan kerja siswa SMKN 1 Telagasari Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) di Kotabaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kompetensi Keahlian ATP sebanyak 48 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif korelasi parsial dan regresi ganda. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas uji linieritas multikolinieritas heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja prakerin dan prestasi belajar dengan kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian ATP. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja prakerin dengan kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian ATP. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian ATP. Kinerja Prakerin memberikan kontribusi sebesar 27 72% dan prestasi belajar kejuruan memberikan kontribusi sebesar 22 59% terhadap kesiapan kerja siswa. Sumbangan dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 50 31%. Sisanya 49 69% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak diteliti ataupun faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |