Aprianti, Dwi Wahyuni (2015) Dampak soft skills terhadap kesiapan kerja siswa pada paket keahlian teknik menggambar bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan se-kota Makassar / Dwi Wahyuni Aprianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aprianti Dwi Wahyuni. 2014. Dampak Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Siswa pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kota Makassar. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. H. A. Sonhadji K.H. M.A. Ph. D. dan (2) Dr. R. Machmud Sugandi M.T. Kata kunci kesiapan kerja kreativitas kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama. 12288 12288 12288 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai pendidikan formal memiliki peran penting dalam menyediakan tenaga kerja yang siap pakai sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. SMK dituntut mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi standar yang diharapkan oleh dunia kerja sesuai dengan bidang pekerjaannya memiliki daya adaptasi dan daya saing tinggi. 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kreativitas 2) kemampuan berkomunikasi 3) kemampuan bekerja sama dan 4) ketiga dampak tersebut secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan desain korelasional yang bertujuan untuk mengetahui dampak dan kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini melibatkan tiga variabel bebas yaitu kreativitas kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama. Sedangkan variabel terikatnya adalah kesiapan kerja siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan (TGB) yang telah melaksanakan Prakerin. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan ada dampak yang positif antara kreativitas kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama terhadap kesiapan kerja siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai kontribusi variabel kreativitas sebesar 21 8% kemampuan berkomunikasi sebesar 12 5% dan kemampuan bekerjasama sebesar 10 3%. Sumbangan efektif yang diberikan oleh ketiga varibel (kreativitas kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama) sebesar 29 3%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kreativitas memberikan kontribusi paling besar dari ketiga varibel soft skill yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61895 |
Actions (login required)
View Item |