Pemanfaaatan kemasan kotak minuman untuk memahamkan siswa mengenai materi barisan dan deret aritmatika melalui pembelajaran dengan strategi REACT di kelas XII B SMA-IT Qardhan Hasana Banjarbaru / Annisa Diniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaaatan kemasan kotak minuman untuk memahamkan siswa mengenai materi barisan dan deret aritmatika melalui pembelajaran dengan strategi REACT di kelas XII B SMA-IT Qardhan Hasana Banjarbaru / Annisa Diniawati

Diniawati, Annisa (2015) Pemanfaaatan kemasan kotak minuman untuk memahamkan siswa mengenai materi barisan dan deret aritmatika melalui pembelajaran dengan strategi REACT di kelas XII B SMA-IT Qardhan Hasana Banjarbaru / Annisa Diniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diniawati Annisa. 2014. Pemanfaatan Media Kemasan Kotak Minuman untuk Memahamkan Siswa Mengenai Materi Barisan dan Deret Aritmetika melalui Pembelajaran dengan Strategi REACT di Kelas XII B SMA-IT Qardhan Hasana Banjarbaru. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si Kata Kunci media manipulatif memahamkan barisan dan deret aritmetika strategi REACT. Berdasarkan observasi awal di SMA-IT Qardhan Hasana Banjarbaru didapatkan permasalahan bahwa beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi barisan dan deret aritmetika. Permasalahan ini diduga disebabkan oleh (1) siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hanya menghafal rumus-rumus (2) guru mengajar dengan menggunakan metode ceramah belum menggunakan media manipulatif dan hanya menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar. Oleh karena itu diperlukan media manipulatif untuk memahamkan siswa dan menerapkan strategi pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Media manipulatif yang digunakan untuk memahamkan siswa berupa kemasan kotak minuman dan strategi yang diterapkan dalam pembelajaran adalah strategi REACT. Penerapan pembelajaran dengan strategi REACT yang memanfaatkan kemasan kotak minuman yang dapat memahamkan siswa mengenai materi barisan dan deret aritmetika diatur melalui langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari menggali pengetahuan prasyarat siswa menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa dengan cara mengaitkan (Relating) materi barisan dan deret aritmetika dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan inti terdiri dari (a) memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama (Cooperating) menyelesaikan kegiatan pada LKS seperti kegiatan mengukur dan membuat susunan kemasan kotak minuman sehingga siswa dapat mengalami (Experiencing) sendiri proses membangun pemahamannya mengenai barisan dan deret aritmetika (b) memberikan permasalahan yang penyelesaiannya menggunakan atau mengaplikasikan (Applying) konsep-konsep yang telah dipelajari siswa seperti suku pertama beda dan urutan suku untuk menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n-suku deret aritmetika dan (c) mengarahkan siswa untuk metransfer (Transferring) pengetahuannya pada situasi atau konteks baru melalui penyelesaian masalah. Kegiatan akhir adalah membuat kesimpulan hasil pembelajaran. Pembelajaran barisan dan deret aritmetika dengan memanfaatkan media kemasan kotak minuman melalui strategi REACT membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar guru mengelolanya dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan strategi REACT yang memanfaatkan kemasan kotak minuman yang dapat memahamkan siswa mengenai materi barisan dan deret aritmetika di kelas XII B SMA-IT Qardhan Hasana Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari beberapa siklus meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil siklus I diketahui bahwa siswa belum memahami materi barisan dan deret aritmetika 7 siswa mempunyai kesalahan konseptual prosedural dan ketepatan 1 siswa mempunyai kesalahan prosedural dan ketepatan 6 siswa mengalami kesalaan konseptual 1 siswa mengalami kesalahan prosedural dan 2 siswa mengalami kesalahan ketepatan. Hasil siklus II diketahui bahwa siswa telah memahami materi barisan dan deret aritmetika dengan baik 6 siswa yang melakukan kesalahan ketepatan dan siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal tes 100%. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII B semester genap tahun pelajaran 2013/20014 yang berjumlah 20 siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61893

Actions (login required)

View Item View Item