Perilaku instruksional guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis karakter di SMK (studi kass pada SMK Eka Dharma dan SMK Tri Murti Bali) / I Made Rai Arsa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku instruksional guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis karakter di SMK (studi kass pada SMK Eka Dharma dan SMK Tri Murti Bali) / I Made Rai Arsa

Arsa, I Made Rai (2014) Perilaku instruksional guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis karakter di SMK (studi kass pada SMK Eka Dharma dan SMK Tri Murti Bali) / I Made Rai Arsa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arsa I Made Rai. 2014. Perilaku Instruksional Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Karakter di SMK (Studi Kasus pada SMK Eka Dharma dan SMK Tri Murti Bali). Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd (II) Dr. H. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. Kata kunci perilaku instruksional guru pembelajaran berbasis karakter. 12288 12288 12288 12288 Perilaku instruksional guru memiliki peran penting dalam melaksanakan pembelajaran berbasis karakter di SMK. Perilaku instruksional guru merupakan segala aktivitas atau tindakan interaksi guru baik verbal maupun nonverbal mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru selama proses pembelajaran sehingga menghasilkan suatu perubahan baik yang bersifat pengetahuan sikap ataupun perilaku siswa. Sedangkan pembelajaran berbasis karakter adalah proses pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter kepada siswa baik dari hati pikiran raga serta rasa dan karsa dengan tujuan meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan mengarah pada pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa secara utuh terpadu dan seimbang. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti perilaku instruksional guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis karakter di kelas pada Program Keahlian Teknik Bangunan (PKTB). 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan guru SMK PKTB dalam pembelajaran berbasis karakter di kelas (2) untuk menggambarkan perilaku instruksional guru SMK PKTB dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di kelas dan (3) mengetahui kendala yang dihadapi guru SMK PKTB dalam melaksanakan pembelajaran berbasis karakter di kelas. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Peneliti dalam penelitian ini berperan sebagai instrumen primer selama pengumpulan data. Sumber data (informan kunci) dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran produktif pada PKTB yang didukung oleh keterangan dari kepala sekolah dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam studi dokumen dan observasi partisipan yang menghasilkan rekaman wawancara silabus dan RPP foto dan video. Dalam penelitian ini dilakukan analisis data situs individu dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan temuan dengan kriterium derajat kepercayaan (kredibilitas) yang dilakukan dengan teknik (1) perpanjangan keikutsertaan (2) ketekunan pengamatan (3) triangulasi baik sumber metode dan teori dan (4) auditing. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menemukan Pertama nilai-nilai karakter yang dikembangkan guru SMK PKTB dalam pembelajaran berbasis karakter di kelas merujuk pada karakter bangsa wirausaha konsep Tri Hita Karana dan Asta Kosala Kosali. Kedua perilaku instruksional guru sesuai dengan nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran. Ketiga kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis karakter adalah (1) guru sulit menyesuaikan karakter yang dikembangkan dengan indikator pencapaian (2) banyaknya nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan guru (3) banyaknya jumlah siswa sehingga sulit untuk memantau perilaku siswa (4) siswa berasal dari latar belakang yang berbeda pola pikir yang berbeda membawa sikap masing-masing dan (5) waktu yang tersedia kurang banyak untuk menyesuaikan karakter pada siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil temuan penelitian peneliti menyarankan (1) sekolah terus mengembangkan karakter lokal sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan untuk pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran dan mengembangkan guru melalui pelatihan-pelatihan sehingga pembelajaran berbasis karakter dapat tercapai dengan maksimal (2) guru terus mengembangkan diri melalui pelatihan-pelatihan sehingga dapat mengembangkan semua nilai-nilai karakter pada siswa dalam pembelajaran dan (3) bagi peneliti berikutnya (a) melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di SMK (b) perlu dilakukan penelitian terkait evaluasi pembelajaran berbasis karakter dengan melihat tingkat keberhasilan lulusan SMK di dunia usaha maupun industri dan (c) melakukan penelitian mengenai latar belakang guru sehingga dapat mengembangkan nilai-nilai karakter dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61891

Actions (login required)

View Item View Item