Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di SMK (kajian kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013) / Atan Pramana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di SMK (kajian kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013) / Atan Pramana

Pramana, Atan (2014) Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di SMK (kajian kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013) / Atan Pramana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pramana Atan. 2014. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SMK (Kajian Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013). Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S T. M. T. (II) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat ST. M.Pd. Kata kunci TIK pembelajaran SMK. 12288 12288 12288 Dunia pendidikan telah memasuki era baru dengan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Kurikulum 2013 menerapkan perkembangan teknologi deng-an mengintegrasikan penggunaan TIK dalam semua matapelajaran sehingga guru diharapkan dapat mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran di kelas mau-pun di luar kelas. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan TIK oleh guru dalam pembelajaran kendala atau hambatan yang dihadapi oleh guru terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dan bagaimana pemecahan masa-lah atau harapan guru terhadap pemanfaatkan TIK dalam implementasi Kurikulum 2013. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu SMK Se-Kota Malang baik negeri maupun swasta yang memiliki Bidang Keahlian TIK dengan Kom-petensi Keahlian RPL TKJ Multimedia dan Animasi. SMKN 4 Malang SMKN 5 Malang dan SMKN 11 Malang adalah SMK yang memiliki seluruh bidang keahlian tersebut. Sampel terdiri dari 140 orang guru yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket semi terbuka dengan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. 12288 12288 12288 Hasil analisis menunjukkan (1) tingkat pemanfaatan TIK dalam pembe-lajaran oleh guru SMK Se-Kota Malang diperoleh data bahwa 26% sangat baik 56% baik 15% kurang baik dan 3% tidak baik (2) kendala atau hambatan dikarenakan minimnya jumlah dan kelengkapan sarana TIK tidak adanya program yang terstruktur dan terjadwal untuk pendampingan dan pelatihan TIK sesama guru di sekolah dan tidak adanya komitmen dan konsistensi yang ber-kelanjutan oleh sekolah untuk bantuan sarana TIK pendanaan pelatihan TIK dan insentif yang dapat memotivasi guru untuk pemanfaatan TIK dalam mengem-bangan pembelajaran (3) pemecahan masalah dilakukan dengan menjadwalkan penggunaan sarana TIK dan berinovasi dalam proses pembelajaran untuk me-maksimalkan keterbatasan sarana TIK sekolah melakukan pendampingan dan pelatihan TIK sesama guru dengan tidak terstruktur dan tidak terjadwal tanpa menggangu kegiatan belajar dan mengajar dan mengikuti pelatihan TIK gratis dan harapan terhadap pemanfaatan TIK dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah pemerintah melalui sekolah berkomitmen dan memberi dukungan yang berkelanjutan untuk bantuan sarana TIK pendanaan pelatihan TIK dan insentif untuk pemanfaatan TIK dalam mengembangan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61890

Actions (login required)

View Item View Item