Peningkatan hasil belajar matematika materi sudut melalui model course review horay kelas III SDN Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar / Wahyu Fildiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi sudut melalui model course review horay kelas III SDN Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar / Wahyu Fildiansyah

Fildiansyah, Wahyu (2016) Peningkatan hasil belajar matematika materi sudut melalui model course review horay kelas III SDN Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar / Wahyu Fildiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fildiansyah Wahyu 2016 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Course Review Horay Kelas III SDN Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S. Pd M. Si. (2) Dra. Sutansi M. Pd. Kata kunci matematika hasil belajar course review horay Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas III SDN Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar (1) siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran terlihat pada saat proses belajar mengajar siswa sering bercanda sendiri dengan temannya (2) siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jenis-jenis sudut dan (3) siswa belum bisa membedakan sudut dalam sebuah bangun. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah terbukti dari 16 siswa 10 siswa (62 5%) belum tuntas belajar dan hanya 6 siswa (37 5%) yang tuntas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model course review horay dan peningkatan hasil belajar siswa kelas III di SDN Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar melalui model course review horay. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang msing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model course review horay dalam pembelajaran Matematika pada materi sudut dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 81 55% meningkat menjadi 97 4% pada siklus II. Nilai rata-rata observasi aktivitas siswa sebesar 81 2% meningkat menjadi 95 3% pada siklus II. Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 68 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 37 5%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73 1 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62 5%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86 88 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 93 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika materi sudut pada siswa kelas III SDN Kedungbanteng 3 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menerapkan model course review horay agar pembelajaran lebih menyenangkan dan hasil belajar dapat maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6189

Actions (login required)

View Item View Item