Integrasi TIK dalam pembelajaran pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Kota Malang / Retno Indah Rokhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi TIK dalam pembelajaran pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Kota Malang / Retno Indah Rokhmawati

Rokhmawati, Retno Indah (2014) Integrasi TIK dalam pembelajaran pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Kota Malang / Retno Indah Rokhmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rokhmawati Retno Indah. 2014. Integrasi TIK dalam Pembelajaran pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Kota Malang. Tesis Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Dr. M. Alfian Mizar M.P. Kata Kunci integrasi TIK SMK pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran yang dilihat dari beberapa aspek diantaranya keterampilan TIK guru terkait integrasi TIK dalam pembelajaran keterampilan TIK terkait integrasi TIK dalam pembelajaran infrastruktur dan fasilitas TIK dukungan dan kebijakan terkait integrasi TIK dalam pembelajaran dan dukungan dana terkait integrasi TIK dalam pembelajaran. Kemudian rekomendasi diberikan pada SMK sebagai feedback untuk mencapai level integrasi selanjutnya. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 249 siswa 40 guru 3 Wakil Kepala Sarana dan Prasarana (Waka Sarpras) 2 Wakil Kepala Kurikulum (Waka Kurikulum) dan 3 Kepala Sekolah dari SMK yang mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi survei dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner wawancara dokumentasi dan observasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi sebesar 0 05. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata total variabel Keterampilan TIK Guru sebesar 3 09 dari skala maksimal 4 yang berarti guru SMK se-Kota Malang berada pada level infusing (level 3) rata-rata total variabel Keterampilan TIK Siswa sebesar 2 77 dari skala maksimal 4 yang berarti siswa SMK se-Kota Malang berada pada level infusing (level 3) rata-rata total variabel Infrastruktur dan Fasilitas TIK sebesar 2 86 dari skala maksimal 4 yang berarti level infrastruktur dan fasilitas TIK di SMK se-Kota Malang termasuk level infusing (level 3) rata-rata variabel Kebijakan dan Dukungan sebesar 3 04 dari skala maksimal 4 yang berarti kebijakan dan dukungan untuk mengintegrasikan TIK di SMK se-Kota Malang termasuk level infusing (level 3) dan rata-rata variabel Pendanaan sebesar 2 05 dari skala maksimal 4 yang berarti pendanaan untuk mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran di SMK se-Kota Malang termasuk level applying (level 2). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada Dinas Pendidikan Kota Malang bahwa perlu adanya kebijakan yang mengatur integrasi TIK dalam pembelajaran. SMK memerlukan dukungan pendanaan dan dukungan berupa standar integrasi TIK. Selain itu perlu adanya standar pelatihan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan TIK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61888

Actions (login required)

View Item View Item