Hubungan antara nilai on the job training, nilai sertifikasi pelatihan, kualitas project work, dan nilai ekstrakulikuler dengan keterampilan dasar (basic skillls) siswa Jurusan Mekatronika SMKN 8 Malang / Ratna Fajarwati Meditama Syafi'i Ananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara nilai on the job training, nilai sertifikasi pelatihan, kualitas project work, dan nilai ekstrakulikuler dengan keterampilan dasar (basic skillls) siswa Jurusan Mekatronika SMKN 8 Malang / Ratna Fajarwati Meditama Syafi'i Ananta

Ananta, Ratna Fajarwati Meditama Syafi'i (2014) Hubungan antara nilai on the job training, nilai sertifikasi pelatihan, kualitas project work, dan nilai ekstrakulikuler dengan keterampilan dasar (basic skillls) siswa Jurusan Mekatronika SMKN 8 Malang / Ratna Fajarwati Meditama Syafi'i Ananta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ananta R.F. 2014. Hubungan antara Nilai OJT Nilai Sertifikasi Pelatihan Kualitas Project Work dan Nilai Ekstrakurikuler terhadap Keterampilan Dasar (Basic Skills) Siswa Jurusan Mekatronika SMKN 8 Malang Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K. H. M. A. Ph.D. Pembimbing (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci OJT sertifikasi pelatihan project work ekstrakurikuler basic skills Keterampilan untuk mampu bertahan hidup dipandang sebagai inti dari kompetensi dan hasil pendidikan yang mana merupakan suatu percakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan dan kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya (Depdikna 2006 22). Lulusan SMK harus memiliki banyak kecakapa salah satu yang mendasar adalah basic skills yang menurur Rich (2008) yaitu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang terdapat disekolahan. Kegiatan tersebut berupa kegiatan wajin maupun kegiatan tambahan. Dalam penelitian ini diambil empat macam kegiatan yang disesuaikan denganbidang keteknikan yaitu kualitas projec work kegiatan ekstrakurikuler OJT dan sertfikasi pelatihan. OJT menurut Sastrohadiwiryo (2003 204) adalah pelatihan ditempat kerja yang diselenggarakan denganm maksud membentuk kecakapan tenaga kerja yang diperlukan untuk suatu pekerjaan tertentu . Secara prakmatis program sertifikasi pelatihan memiliki dampak positif baik bagi indifidu maupun organisasi. Smith (1997) menguraikan profil kapabilitasindifidual berkaitan dengan keterampilan yang diperoleh dari program sertifikasi pelatihan sehingga keterampilan yang diterima indifidu akan meningkat. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan potensi bakat dan minat mereka melalui kegiatan secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan disekolah/madrasah (Depdiknas 2008). Project work adalah model pembelajaran yang mengarahkan pesertadidik pada prosedur kerja yang sistematis dan standart untuk membuat atau menyelesaikan suatu produk (barang/jasa) melalui proses produksi/pekerjaan yang sesungguhnya (BSNP 2008). Basic skills adalah skills atau keterampilan yang memungkinkan seseorang meraih potensi dirinya dan menggunakan pengetahuannya secara bermanfaat dan integrasi dalam kehidupannya sehingga seseorang dapat survive dalamkondisi dan keadaan yang bagaimanapun juga (Yate 2005 1). Rancangan penelitian yang digambarkan dalam penelitian ini adalah hubungan korelasional. Penelitian ini menjelaskan hubungan nilai OJT nilai sertifikasi pelatihan kualitas project work nilai ekstrakurikuler dan keterampilan dasar (basic skills). Dalam penelitian ini mengunakan variabel beas yang terdiri dari OJT (X1) nilai sertifikasi(X2) kualitas project work (X3) dan nilai ekstrakurikuler (X4) sedangkan variabel terikatnya adalah basic skill (Y). pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan analisis data menggunakan regresi ganda dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien regresi berganda X1 sebesar 0 031 X2 sebesar 0 128 X3 sebesar 2 283 X4 sebesar -1 005. Dari tabel Anova output SPSS diperoleh Sig 0 000 0% dipilih 945 0 05 jadi sig ( 0 000 )

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61885

Actions (login required)

View Item View Item