Hubungan komponen pendukung pembelajaran praktik, kemampuan guru dan pengetahuan siswa tentang K3 dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut program keahlian teknik pemesinan SMK di Kota Kediri / Salam Supriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan komponen pendukung pembelajaran praktik, kemampuan guru dan pengetahuan siswa tentang K3 dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut program keahlian teknik pemesinan SMK di Kota Kediri / Salam Supriyanto

Supriyanto, Salam (2014) Hubungan komponen pendukung pembelajaran praktik, kemampuan guru dan pengetahuan siswa tentang K3 dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut program keahlian teknik pemesinan SMK di Kota Kediri / Salam Supriyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supriyanto Salam 2014. Hubungan Komponen Pendukung Pembelajaran Praktik Kemampuan Guru dan Pengetahuan Siswa tentang K3 dengan Pelaksanaan K3 Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK di Kota Kediri. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eddy Sutadji M.Pd (2) Drs. Sumarli M.T. M.Pd. Kata Kunci pendukung praktik kemampuan guru pengetahuan K3 siswa pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut. 12288 12288 12288 12288 Besarnya peran pendidikan dapat mengantarkan setiap bangsa maju dan berkembang. Sekolah Menengah Kejuruan yang menjadi salah satu pelaksana perwujudan tenaga kerja siap pakai memiliki peran strategis dan penting. Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) selama penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di SMK perlu mendapatkan perhatian khusus terutama ketika pada praktik melakukan pekerjaan dengan mesin bubut hal ini dikarenakan siswa mengoperasikan mesin bubut dengan gerak utama berputar yang potensi sekali terhadap terjadinya kecelakaan kerja. 12288 12288 12288 12288 Pelaksanaan K3 pada pembelajaran praktik melakukan pekerjaan dengan mesin bubut di bengkel kerja SMK pada umumnya masih terkendala masalah dukungan komponen fasilitas kompetensi guru praktik dan pengetahuan K3 peserta didiknya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk memahami lebih jauh tentang (1) komponen yang mendukung pembelajaran praktik terkait pelaksanaan K3 (2) kemampuan praktik terkait pelaksanaan K3 (3) pengetahuan siswa terkait pelaksanaan K3 (4) pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut (5) hubungan antara komponen yang mendukung pembelajaran praktik dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut kompetensi keahlian teknik pemesinan (6) hubungan antara kemampuan K3 guru praktik dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut kompetensi keahlian teknik pemesinan (7) hubungan antara pengetahuan K3 siswa dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut kompetensi keahlian teknik pemesinan dan (8) hubungan antara komponen yang mendukung pembelajaran praktik kemampuan guru praktik pengetahuan K3 siswa dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut kompetensi keahlian teknik pemesinan. 12288 12288 12288 12288 Jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional. Unit analisisnya terdiri dari tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi penelitian ini terdiri atas peserta didik kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK negeri maupun swasta di Kota Kediri. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data yang dikumpulkan melalui angket dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial korelasi product moment dan dihitung menggunakan bantuan program SPSS for Windows. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji statistik penelitian menunjukkan (1) lembaga SMK di Kota Kediri sebagian besar 72 98% berkategori baik dalam mendukung pembelajaran praktik terkait dengan pelaksanaan K3 (2) lembaga SMK di Kota Kediri sebagian besar 73 59% berkategori baik untuk kemampuan guru praktik terkait dengan pelaksanaan K3 (3) lembaga SMK di Kota Kediri untuk pengetahuan K3 siswa sebagian besar atau sekitar 74 38% memperoleh skor baik (4) lembaga SMK di Kota Kediri sekitar 76 17% berkategori baik dalam melaksanakan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut (5) terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara komponen yang mendukung pembelajaran praktik terkait pelaksanaan K3 dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dengan nilai korelasi 0 400 yang dikategorikan memiliki korelasi tingkat hubungan yang sedang (6) ada hubungan yang positif yang signifikan antara kemampuan guru praktik terkait pelaksanaan K3 dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dengan nilai korelasi 0 461 yang dikategorikan memiliki korelasi tingkat hubungan yang sedang (7) ada hubungan yang positif yang signifikan antara pengetahuan K3 siswa dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dengan nilai korelasi 0 608 yang dikategorikan memiliki korelasi tingkat hubungan yang kuat dan (8) terdapat hubungan signifikan antara komponen yang mendukung pembelajaran praktik terkait pelaksanaan K3 kemampuan guru praktik terkait pelaksanaan K3 dan pengetahuan K3 siswa dengan pelaksanaan K3 melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dengan nilai R 0 661yang menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil yang ditunjukkan hasil R square atau koefisien determinasinya yaitu 0 436. Artinya bahwa variabel bebas memberikan sumbangan sebesar 43 6% terhadap variabel terikat sedangkan yang 56 4% dipengaruhi oleh faktor lain (sikap niat budaya dan iklim K3). Hasil uji F juga menunjukkan nilai F sebesar 19 608 dengan sig () 0 000 yang artinya variabel bebas secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) lembaga SMK untuk lebih mendukung dalam hal penyediaan tempat praktik yang representatif dan di dukung dengan pengadaan alat praktik serta peralatan K3 yang sesuai dengan kondisi di industri (2) meningkatkan kompetensi guru dalam hal K3 dengan diklat maupun penataran tentang K3 (3) siswa program keahlian Teknik Pemesinan harus meningkatkan pengetahuan tentang K3 dan (4) Dinas Pendidikan Kota Kediri diharapkan membantu dalam hal pengawasan terhadap pelaksananaan K3 di sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61882

Actions (login required)

View Item View Item