Masany, Azany Muzammil (2014) Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan spektrum SMK pada program studi keahlian teknik komputer dan informatika (studi multi situs pada dua SMK di Kabupaten Lombok Timur) / Azany Muzammil Masany. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Muzammil Masany Azany. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Spektrum SMK pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (Studi Multi Situs pada Dua SMK di Kabupaten Lombok Timur). Tesis. Program Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Amat Mukhadis M.Pd (II) Dr. H. Tri Atmadji Sutikno M.Pd Kata Kunci Implementasi kurikulum spektrum pembelajaran produktif SMK Kurikulum spektrum sebagai suatu rencana pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengelolaan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Kurikulum akan mengarahkan segala bentuk aktifitas pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Kurikulum spektrum akan dapat diimplementasikan dengan optimal apabila mulai dari awal proses penyusunannya sampai dengan penerapan langsung berupa kegiatan belajar mengajar merupakan sinergi dari berbagai komponen yang berperan didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) implementasi kurikulum spektrum SMK pada pengelolaan pembelajaran produktif Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Kabupaten Lombok Timur yang meliputi (a) perencanaan pembelajaran (b) pelaksanaan pembelajaran dan (c) penilaian pembelajaran (2) hambatan-hambatan yang terjadi dalam implementasi kurikulum Spektrum SMK pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Kabupaten Lombok Timur dan (3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam implementasi kurikulum Spektrum SMK pada Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan multi situs karena penelitian ini dilakukan di dua lokasi penelitian yang berbeda namun memiliki persamaan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara observasi dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs guna menemukan proposisi temuan penelitian. Kredibilitas data dicek dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data dan diskusi teman sejawat sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Temuan hasil penelitian secara keseluruhan adalah sebagai berikut (1) implementasi kurikulum spektrum pada pengelolaan pembelajaran berupa perencanaan pembelajaran meliputi (a) pembentukan tim pengembang atau pokja kurikulum oleh kepala sekolah (b) penyusunan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran produktif yang terdapat pada silabus di tingkat MGMP dan satuan pendidikan (sekolah) (c) melibatkan pihak dunia usaha/industri dalam memberikan masukan pada proses penyusunan SK/KD mata pelajaran produktif (d) penyusunan RPP dan perangkat pembelajaran lainnya oleh tenaga pendidik secara berkala dan kontinyu (2) pelaksanaan pembelajaran produktif dilakukan bentuk (a) pemberian prosentase materi SK/KD mata pelajaran produktif setiap semester disesuaikan kondisi masing-masing sekolah (b) dilaksanakannya pembelajaran produktif di DU/DI (c) pemberian tugas akhir berupa project work (3) penilaian pembelajaran produktif terhadap peserta didik berupa (a) penilaian tertulis lisan dan praktik (proyek produk maupun unjuk kerja) (b) penilaian dilaksanakan pada setiap akhir standar kompetensi (c) kriteria siswa dikatakan kompeten atau lulus apabila memenuhi nilai minimal sama dengan 7 00 dan (d) bentuk penilaian terhadap siswa berupa ulangan harian tengah semester akhir semester dan kenaikan kelas (4) hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi kurikulum spektrum diantaranya adalah (a) masih terbatas atau minimnya jumlah guru tetap/PNS yang berkualifikasi sarjana pendidikan komputer (2) inkonsistensi guru dari segi waktu penyelesaian perangkat pembelajaran (3) masih terbatasnya pengadaan sarana prasarana praktik peserta didik dan (5) upaya mengatasi hambatan pada implementasi kurikulum spektrum diantaranya (a) pihak sekolah supaya mengusulkan secara berkala dan terus menerus kepada pihak pemerintah daerah melalui dinas pendidikan Kabupaten untuk mengangkat tenaga pendidik (guru) kejuruan teknik komputer melalui jalur penerimaan CPNS (b) mengangkat tenaga pendidik (guru) honorer oleh pihak sekolah sesuai dengan kualifikasi pendidikan akademik yang dibutuhkan (c) mengadakan kegiatan bimbingan teknis atau workshop secara rutin dan berkala untuk mengurangi inkonsistensi tenaga pendidik dalam menyelesaikan perangkat pembelajaran (d) mengefektifkan penggunaan sumber dana yang masuk ke sekolah baik bersumber dari komite sekolah maupun dari pemerintah pusat/daerah serta menerapkan skala prioritas dalam pengadaan sarana prasarana sesuai dengan tingkat kebutuhan dan (e) menjalin kerjasama dengan dunia usaha/industri untuk pengadaan sarana prasarana praktik siswa disamping secara rutin mengirimkan proposal ke pemerintah pusat untuk pengadaan sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian di atas dapat disampaikan saran-saran (1) kepala sekolah hendaknya proaktif untuk memberikan masukan kepada pemerintah daerah melaui pihak dinas pendidikan untuk mengangkat tenaga pendidik yang berkualifikasi sarjana pendidikan komputer dan meningkatkan alokasi dana bantuan pengadaan sarana prasarana (2) pemerintah daerah hendaknya memperhatikan kekurangan tenaga pendidik kejuruan dengan menambah kuota penerimaan tenaga pendidik pada penerimaan CPNS dan (3) guru mata pelajaran produktif hendaknya senantiasa membiasakan diri untuk mengatur dan memanajemen waktu dan kesempatan untuk menyelesaikan perangkat pembelajaran yang akan digunakan pada semester berikutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61879 |
Actions (login required)
View Item |