Perbedaan pemahaman dan sikap para ibu menyusui terhadap asi eksklusif melalui metode buku saku dan simulasi (studi kasus di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar) / Widha Ayu Rima Merdhika - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pemahaman dan sikap para ibu menyusui terhadap asi eksklusif melalui metode buku saku dan simulasi (studi kasus di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar) / Widha Ayu Rima Merdhika

Merdhika, Widha Ayu Rima (2014) Perbedaan pemahaman dan sikap para ibu menyusui terhadap asi eksklusif melalui metode buku saku dan simulasi (studi kasus di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar) / Widha Ayu Rima Merdhika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merdhika Widha Ayu Rima. 2013. Perbedaan Pemahaman dan Sikap para Ibu Menyusui terhadap ASI eksklusif melalui Media Buku Saku dan Simulasi (Studi Kasus di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar). Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Dr. Mardji M.Kes. (II) Dr. Mazarina Devi M.Si. Kata Kunci pemahaman sikap metode buku saku metode simulasi Upaya Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK) yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat diprioritaskan pada kelompok masyarakat risiko tinggi yaitu golongan bayi balita usia sekolah remaja ibu hamil ibu menyusui serta usia lanjut. UPGK pada bayi dimulai sejak dalam kandungan. Air Susu Ibu (ASI) diberikan sejak usia dini terutama pemberian ASI eksklusif yaitu pemberian hanya ASI kepada bayi sejak lahir sampai berusia 6 bulan. Pencapaian 6 bulan ASI Eksklusif bergantung pada keberhasilan inisiasi dalam satu jam pertama. ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bersamaan dengan pemberian makanan pendamping ASI dan meneruskan ASI dari 6 bulan sampai 2 tahun dapat mengurangi sedikitnya 20% kematian anak balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan pengetahuan pentingnya tentang ASI eksklusif ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan buku saku dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan secara konvensional di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar (2) perbedaan pengetahuan pentingnya tentang ASI eksklusif ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan simulasi dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan secara konvensional di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar (3) perbedaan pengetahuan pentingnya tentang ASI eksklusif ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan buku saku dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan simulasi di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar (4) perbedaan sikap ibu menyusui dalam pemberian ASI secara eksklusif yang diberi penyuluhan dengan buku saku dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan secara konvensional di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar (5) perbedaan sikap ibu menyusui dalam pemberian ASI secara eksklusif yang diberi penyuluhan dengan simulasi dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan secara konvensional di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dan (6) perbedaan sikap ibu menyusui dalam pemberian ASI secara eksklusif yang diberi penyuluhan dengan buku saku dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan simulasi di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar sebanyak 104 orang. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yang ada sebanyak 104 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji analisis varian (One Way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pengetahuan pentingnya tentang ASI eksklusif ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan buku saku dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan secara konvensional (2) terdapat perbedaan pengetahuan pentingnya tentang ASI eksklusif ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan simulasi dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan secara konvensional (3) tidak terdapat perbedaan pengetahuan pentingnya tentang ASI eksklusif ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan buku saku dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengn simulasi (4) tidak terdapat perbedaan sikap ibu menyusui dalam pemberian ASI secara eksklusif yang diberi penyuluhan dengan buku saku dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan secara konvensional (5) tidak terdapat perbedaan sikap ibu menyusui dalam pemberian ASI secara eksklusif yang diberi penyuluhan dengan simulasi dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan secara konvensional dan (6) terdapat perbedaan sikap ibu menyusui dalam pemberian ASI secara eksklusif yang diberi penyuluhan dengan buku saku dan kelompok ibu menyusui yang diberi penyuluhan dengan simulasi. Penerapan metode simulasi pada penyuluhan ASI eksklusif lebih efektif untuk meningkatkan sikap ibu menyusui. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan gambaran serta informasi bagi petugas kesehatan yang terkait sehingga dapat menerapkan metode simulasi di tempat posyandu yang lain agar nantinya mampu meningkatkan pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dan sikap ibu menyusui dalam pemberian ASI secara eksklusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61878

Actions (login required)

View Item View Item