Pengaruh kombinasi project based learning dengan explicit instruction, dan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar standar kompetensi menggabung teks ke dalam sajian multimedia siswa kelas XI MM SMKN 11 Malang / Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kombinasi project based learning dengan explicit instruction, dan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar standar kompetensi menggabung teks ke dalam sajian multimedia siswa kelas XI MM SMKN 11 Malang / Rachmawati

Rachmawati (2014) Pengaruh kombinasi project based learning dengan explicit instruction, dan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar standar kompetensi menggabung teks ke dalam sajian multimedia siswa kelas XI MM SMKN 11 Malang / Rachmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rachmawati. 2013. Tesis. Pengaruh Kombinasi Project Based Learning Dan Explicit Intruction Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Prestasi Belajar Menggabung Teks Ke Dalam Sajian Multimedia Siswa Kelas XI MM SMKN 11 Malang. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Waras Kamdi M.Pd. (2) Dr. Amat Nyoto M.Pd. Kata Kunci project based learning explicit instruction kemampuan berpikir logis prestasi belajar multimedia SMK. Tujuan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah menyiapkan siswa untuk siap bekerja. Oleh karena itu siswa dilatih agar dapat mengambil inisiatif berpikir kritis dan cakap memecahkan masalah dalam pembuatan produk. Salah satu mata pelajaran produktif jurusan Multimedia adalah menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia. Pada standar kompetensi ini produk nyatanya berupa animasi teks. Dalam pembuatan animasi teks diperlukan cara berpikir logis. Kemampuan berpikir logis yang sangat diperlukan siswa untuk memahami suatu permasalahan matematis karena terdapat langkah-langkah yang hanya dapat dilakukan dengan logika. Karakteristik siswa Multimedia (MM) belum pernah mendapat pengetahuan bagaimana cara menggabung teks ke dalam sajian multimedia yaitu dengan pembuatan animasi teks sehingga dengan pemberian pelatihan materi secara langsung siswa dapat memiliki bayangan atau imajinasi tentang animasi teks. Oleh karena itu digunakan kombinasi model pembelajaran PBL diawal kemudian dilanjutkan EI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara penerapan kombinasi PBL dilanjutkan EI dengan kombinasi EI dilanjutkan PBL dan mengetahu perbedaan prestasi belajar kemampuan berpikir logis tinggi dan rendah. Selain itu untuk mengetahui interaksi penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan pola factorial design 2x2. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 11 Malang semester ganjil 2013/2014 sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI MM1 (eksperimen) dan XI MM2 (kontrol). Instrumen penelitian berupa soal tes (postest dan POFI) dan rubrik observasi. Uji hipotesis menggunakan Two Ways Anova. Hasil Two Ways Anova menunjukkan bahwa (1) Kombinasi model PBL-EI yang diterapkan di kelas eksperimen menunjukkan prestasi belajar lebih tinggi dengan rata-rata 87 29 dibanding kelas kontrol dengan rata-rata 83 76 (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi akan memperoleh prestasi belajar tinggi jika diberi perlakuan PBL EI sedangkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah akan memperoleh prestasi belajar tinggi bila diberi perlakuan EI PBL (3) ada interaksi yang signifikan antara faktor pemberian perlakuan dalam kelompok dan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61877

Actions (login required)

View Item View Item