Pengaruh penggunaan model pembelajaran training within industry terhadap hasil belajar pada unit kompetensi memelihara/servis engine dan komponen-komponennya di kejuruan otomotif diesel UPT-PK Singosari / Muhammad Yasser Arafat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran training within industry terhadap hasil belajar pada unit kompetensi memelihara/servis engine dan komponen-komponennya di kejuruan otomotif diesel UPT-PK Singosari / Muhammad Yasser Arafat

Arafat, Muhammad Yasser (2013) Pengaruh penggunaan model pembelajaran training within industry terhadap hasil belajar pada unit kompetensi memelihara/servis engine dan komponen-komponennya di kejuruan otomotif diesel UPT-PK Singosari / Muhammad Yasser Arafat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arafat Muhammad Yasser. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Training Within Industry Terhadap Hasil Belajar pada Unit Kompetensi Memelihara/Servis Engine dan Komponen-Komponennya di Kejuruan Otomotif Diesel UPT-PK Singosari. Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I (I) Prof. Dr. Mardji M.Kes. (II) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci model pembelajaran training within industry hasil belajar. Latar belakang peserta didik di UPT Pelatihan Kerja Singosari yang beragam merupakan salah satu kendala dalam proses belajar mengajar. Perbedaan umur jenjang pendidikan serta disiplin ilmu pendidikan yang pernah didapatkan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang disajikan oleh instruktur. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai untuk mempermudah penyajian materi agar dapat diterima secara universal oleh peserta didik merupakan salah satu solusi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Training Within Industry (TWI) terhadap hasil belajar pengetahuan (knowledge) hasil belajar sikap (attitude) dan hasil belajar keterampilan (skill) pada peserta didik di UPT Pelatihan Kerja Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental yakni rancangan kelompok kontrol dan eksperimen (pretest dan post test) tidak ekuivalen (nonequivalent (pre test and post test) control-group Design). Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes untuk hasil belajar pengetahuan quesioner untuk hasil belajar sikap dan lembar observasi untuk hasil belajar keterampilan dan sikap terhadap 31 peserta didik sebagai subjek penelitian. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan teknik statistik paramatrik Uji t dan non parametrik Mann Withney. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan (knowledge) peserta didik dengan probablitas signifikan (p) sebesar 0 605 antara yang menggunakanmodel pembelajaran TWIdan model pembelajaran mandiri di Kejuruan Otomotif Diesel UPT Pelatihan kerja Singosari (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sikap (attitude) peserta didik dengan probablitas signifikan (p) sebesar 0 047 antara yang menggunakan model pembelajaran TWI dan model pembelajaran mandiri di Kejuruan Otomotif Diesel UPT Pelatihan kerja Singosari (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan (skill) peserta didik dengan probablitas signifikan (p) sebesar 0 000 antara yang menggunakan model pembelajaran TWI dan model pembelajaran mandiri di Kejuruan Otomotif Diesel UPT Pelatihan kerja Singosari (4) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar (kompetensi) peserta didik dengan probablitas signifikan (p) sebesar 0 002 antara yang menggunakan model pembelajaran TWI dan model pembelajaran mandiri di Kejuruan Otomotif Diesel UPT Pelatihan kerja Singosari. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada instruktur untukmenggunakan dan mengembangkan model pembelajaran TWI dalam upaya meningkatan hasil belajar pengetahuan (knowledge) hasil belajar sikap (attitude) dan hasil belajar keterampilan (skill) peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61876

Actions (login required)

View Item View Item