Hubungan antara pengetahuan pembuatan busana, keterampilan menjahit, sikap belajar dan persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen dengan hasil pembuatan jas wanita pada matakuliah tailoring PKK FT UNM / Irmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pengetahuan pembuatan busana, keterampilan menjahit, sikap belajar dan persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen dengan hasil pembuatan jas wanita pada matakuliah tailoring PKK FT UNM / Irmayanti

Irmayanti (2013) Hubungan antara pengetahuan pembuatan busana, keterampilan menjahit, sikap belajar dan persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen dengan hasil pembuatan jas wanita pada matakuliah tailoring PKK FT UNM / Irmayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irmayanti. 2013. Hubungan antara Pengetahuan Pembuatan Busana Keterampilan Menjahit Sikap Belajar dan Persepsi Mahasiswa tentang Kemampuan Mengajar Dosen dengan Hasil Pembuatan Jas Wanita pada Matakuliah Tailoring PKK FT UNM. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syamsul Hadi M. Pd. M Ed. (II) Anik Dwiastuti S.T. M.T. Kata Kunci pengetahuan busana keterampilan menjahit sikap belajar persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen hasil pembuatan jas wanita. Tingkat keberhasilan belajar mahasiswa pada matakuliah Tailoring dapat ditinjau dari seberapa tinggi mahasiswa tersebut mampu meraih prestasi dalam belajarnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan kesulitan belajar bagi mahasiswa jika tidak mencukupi pemenuhannya baik secara internal maupun eksternal dan pada akhirnya menghambat dan mempengaruhi pencapaian kompetensi mahasiswa. Diantara banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa pengetahuan keterampilan sikap dan persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen menjadi variabel dalam penelitian ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara pengetahuan mahasiswa tentang pembuatan busana dengan hasil pembuatan jas wanita 2) hubungan antara keterampilan menjahit mahasiswa dengan hasil pembuatan jas wanita 3) hubungan antara sikap belajar mahasiswa terhadap matakuliah Tailoring dengan hasil pembuatan jas wanita 4) hubungan antara persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen dengan hasil pembuatan jas wanita 5) hubungan secara simultan antara pengetahuan mahasiswa tentang pembuatan busana keterampilan menjahit sikap belajar dan persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen dengan hasil pembuatan jas wanitapada Matakuliah Tailoring PKK FT UNM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Tata Busana Jurusan PKK FT UNM angkatan 2007 2008 2009 dan 2010 yang telah memprogram matakuliah Tailoring dengan jumlah mahasiswa sebanyak 111 orang. Sampel pada penelitian iniditetapkan secara Proportionate Statified Random Samplingsebesar 50% dari dari masing-masing angkatan atau jumlah populasi dan dihasilkan 55 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Pengetahuan mahasiswa tentang pembuatan busana (X1) Keterampilan menjahit mahasiswa (X2) Sikap belajar (X3) Persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen (X4) dengan Hasil pembuatan jas wanita pada matakuliah Tailoring (Y) baik secara parsial maupun simultan. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung 20 29 Ftabel 2 552. Koefisien korelasi (R) sebesar 0 787 dan koefisien determinan (r2) sebesar 0 588 ini berarti Pengetahuan pembuatan busana (X1) Keterampilan menjahit (X2) Sikap belajar (X3) dan Persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen (X4) memberikan sumbangan efektif sebesar 58 8% terhadap hasil pembuatan jas wanita pada matakuliah Tailoring.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan gambaran serta informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61875

Actions (login required)

View Item View Item