Hubungan fasilitas praktikum TKJ, kesesuaian tempat Prakerin, dan kompetensi TKJ dengan hasil uji kompetensi keahlian pada siswa SMK negeri / Dian Fitri Perwitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan fasilitas praktikum TKJ, kesesuaian tempat Prakerin, dan kompetensi TKJ dengan hasil uji kompetensi keahlian pada siswa SMK negeri / Dian Fitri Perwitasari

Perwitasari, Dian Fitri (2013) Hubungan fasilitas praktikum TKJ, kesesuaian tempat Prakerin, dan kompetensi TKJ dengan hasil uji kompetensi keahlian pada siswa SMK negeri / Dian Fitri Perwitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perwitasari Dian Fitri. 2013. Hubungan Fasilitas Praktikum TKJ Kesesuaian Tempat Prakerin dan Kompetensi TKJ Siswa dengan Hasil Uji Kompetensi Keahlian. Tesis Pendidikan Kejuruan Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S T. M. T. (II) Dr. Tuwoso M.P. Kata kunci fasilitas praktikum tempat prakerin kompetensi TKJ uji kompetensi keahlian. Tujuan pendidikan di SMK adalah agar lulusannya mampu bekerja pada bidang pekerjaan tertentu sesuai dengan jurusannya.Upaya pemerintah dalam menyiapkan lulusan ini yaitu dengan mengadakan Uji KompetensiKeahlian (UKK). UKK pada SMK merupakan bagian ujian nasional yang menjadi indicator ketercapaian standar kompetensi lulusan sedangkan bagi stakeholder akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki oleh calon tenaga kerja.Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan uji kompetensi keahlian SMK antara lain adalah kompetensi siswanya baik secara teori maupun praktik. Kompetensi siswa secarateori dapat dilihat dari hasil ulangan harian dan ujian akhir semester dimana semua dituangkan dalam nilai raport sedangkan kompetensi praktik siswa dapat dipengaruhi oleh pelaksanaan praktik di sekolah melalui kelengkapan fasilitas praktikum dan kesesuaian tempat praktik kerja industri (prakerin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas praktikum TKJ kesesuaian tempat prakerin dan kompetensi TKJ siswa dengan hasil uji kompetensi keahlian serta mengetahui hubungan ketiganya secara bersama-sama dengan uji kompetensi keahlian.Penelitianini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik simple random sampling yaitu sebesar 75 siswa dari dua sekolah yaitu SMK N 1 Suruh dan SMK N 1 Pogalan.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahcheck list angket dokumentasi nilai raport dan dokumentasi hasil UKK.Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi pearson(Product Moment Pearson) dengan bantuan SPSS. Hasilanalisis menunjukkan bahwa (1)terdapat hubungan positif antara fasilitas praktikum TKJ dengan hasil uji kompetensi keahlian hal ini ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0 315 dan sig (p) 0 003 (2) terdapat hubungan positif antara kesesuaian tempat prakerin dengan hasil uji kompetensi keahlian hal ini ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0 242 dan nilai sig (p) 0 018 (3) terdapat hubungan positif antara kompetensi TKJ siswa dengan hasil uji kompetensi keahlian hal ini ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0 543 dan sig (p) 0 000 dan (4) terdapat hubungan yang positif antara fasilitas praktikum TKJ kesesuaian tempat prakerin dan kompetensi TKJ siswa secara bersama-sama terhadap uji kompetensi keahlian hal ini ditunjukkan dari hasil sig (p) sebesar 0 005 dan koefisien determinasi sebesar 0 374. Dari hasil penelitian ini diharapkan sekolah semakin memperhatikan peningkatan hasil uji kompetensi keahlian siswa melalui kelengkapan fasilitas praktikum di sekolah kesesuaian tempat prakerin dan kompetensi TKJ siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61872

Actions (login required)

View Item View Item