Efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan berstandar ISO 9001:2008 terhadap pencapaian standar isi, standar proses, dan standar kompetensi lulusan / Yeni Ratih Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan berstandar ISO 9001:2008 terhadap pencapaian standar isi, standar proses, dan standar kompetensi lulusan / Yeni Ratih Pratiwi

Pratiwi, Yeni Ratih (2013) Efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan berstandar ISO 9001:2008 terhadap pencapaian standar isi, standar proses, dan standar kompetensi lulusan / Yeni Ratih Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi Yeni Ratih. 2013. Efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan Berstandar ISO 9001 2008 terhadap Pencapaian Standar Isi Standar Proses dan Standar Kompetensi Lulusan. Tesis Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ir. H. Djoko Kustono M. Pd (II) Dr. H. A. Dardiri M. Pd. Kata kunci ISO 9001 2008 Standar Isi Standar Proses Standar Kompetensi Lulusan Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan efektivitas pencapaian standar isi standar proses dan standar kompetensi lulusan antara SMK yang berstandar ISO dengan SMK yang belum berstandar ISO baik yang berstatus negeri maupun swasta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ex post facto. Pengambilan sampel dilakukan dengan dua tingkatan. Pertama menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel sekolah dan kedua menggunakan proportional random sampling untuk menentukan sampel responden. Responden dalam penelitian ini adalah guru di SMK yang berjumlah 115 orang. Instrumen dikembangkan oleh peneliti yang berpatokan pada standar standar yang ditetapkan oleh BSNP kemudian divalidasi ke dosen ahli. Validitas isi (content validity) dengan expert judgement. Persentase hasil validitas isi dari expert judgement sebesar 78 67%. Perolehan ini dapat dikategorikan tinggi. Instrumen diuji cobakan ke responden untuk dianalisis validitas eksternal dan reliabilitasnya. Responden yang dipakai untuk uji coba instrumen adalah 30 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner tertutup variabel standar isi standar proses dan standar kompetensi lulusan. Variabel standar isi terdiri dari 36 butir pernyataan dengan indeks validitas butir bergerak dari r 0 338 s.d 0 643 dengan indeks reliabilitas alpha ( 945 0 838). Variabel standar proses terdiri dari 43 butir pernyataan dengan indeks validitas butir berge-rak dari r 0 309 s.d 0 692 dengan indeks reliabilitas alpha ( 945 0 737). Variabel standar kompetensi lulusan terdiri dari 31 butir pernyataan dengan indeks validitas butir bergerak dari r 0 339 s.d 0 611 dengan indeks reliabilitas alpha ( 945 0 814). Teknik analisis data dilakukan dengan analisis Anova one way dengan Post Hoct Tukey HSD sebagai uji lanjutannya. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Pertama ada perbedaan efektivi-tas antara SMK negeri berstandar ISO dengan SMK swasta berstandar ISO dengan nilai signifikansi 0 001. Kedua ada perbedaan efektivitas SMK negeri berstandar ISO dengan SMK negeri belum berstandar ISO dengan nilai signifikansi 0 000. Ketiga ada perbedaan efektivitas SMK negeri berstandar ISO dengan SMK swasta belum berstandar ISO dengan nilai signifikansi 0 000. Keempat ada perbedaan efektivitas SMK swasta berstandar ISO dengan SMK negeri belum berstandar ISO dengan nilai signifikansi 0 015. Kelima ada perbe-daan efektivitas SMK swasta bertandar ISO dengan SMK swasta belum ber-standar ISO dengan nilai signifikansi 0 000. Keenam tidak ada perbedaan efek-tivitas SMK negeri belum berstandar ISO dengan SMK swasta belum berstandar ISO dengan nilai signifikansi 0 338.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61871

Actions (login required)

View Item View Item