Hubungan kesiapan belajar, lama pembelajaran, kesesuaian tempat dan partisipasi DU/Di dengan hasil prakerin peserta didik kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batu / Ahmad Mursyidun Nidhom - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kesiapan belajar, lama pembelajaran, kesesuaian tempat dan partisipasi DU/Di dengan hasil prakerin peserta didik kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batu / Ahmad Mursyidun Nidhom

Nidhom, Ahmad Mursyidun (2013) Hubungan kesiapan belajar, lama pembelajaran, kesesuaian tempat dan partisipasi DU/Di dengan hasil prakerin peserta didik kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batu / Ahmad Mursyidun Nidhom. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci prakerin kesiapan belajar lama pembelajaran kesesuaian tempat partisipasi DU/DI hasil prakerin Praktik Kerja Industri (prakerin) merupakan sarana latihan yang tepat bagi peserta didik SMK dimana peserta didik dituntut untuk melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan dunia kerja. Prakerin adalah suatu bentuk pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan di industri atau dunia kerja secara terarah dengan tujuan untuk membekali peserta didik dengan sikap dan keterampilan sesuai dengan cara belajar langsung di industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta sumbangan efektif kesiapan belajar lama pembelajaran kesesuain tempat dengan hasil prakerin peserta didik kompetensi keahlian TKJ di SMK Kota Batu. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMK Islam dan SMK Brawijaya Batu tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 79 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 48 peserta didik yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi nilai hasil prakerin dan angket. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi ganda dan regresi ganda. Hasil uji hipotesis keempat variabel menghasilkan nilai Sig (p) 0 000 (kesiapan belajar) 0 013 (lama pembelajaran) dan 0 000 (kesesuain tempat) dan 0 000 (partisipasi DU/DI) sehingga H0 diterima. Jadi artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kesiapan prakerin variabel lama proses prakerin variabel kesesuain tempat prakerin dan variabel partisipasi DU/DI dengan hasil prakerin peserta didik kompetensi keahlian TKJ di SMK Kota Batu pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji regresi ganda diperoleh nilai Sig (p) 0 000 0 05 sehingga H0 diterima. Jadi artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan prakerin lama proses prakerin kesesuain tempat prakerin dan partisipasi DU/DI secara bersama-sama dengan hasil prakerin peserta didik kompetensi keahlian TKJ di SMK Kota Batu pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif keempat variabel adalah 58% sedangkan 42% sisanya dari faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61869

Actions (login required)

View Item View Item