Ningrum, Gres Dyah Kusuma (2013) Studi evaluasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk SMK Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak / Gres Dyah Kusuma Ningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ningrum Gres Dyah Kusuma. 2013. Studi Evaluasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk SMK Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Dr. Muladi S.T. M.T. Kata Kunci studi evaluasi buku sekolah elektronik SMK rekayasa perangkat lunak. 12288 12288 12288 12288 Buku Sekolah Elektronik (BSE) merupakan buku elektronik yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Penerbitan BSE bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD SMP dan SMA/SMK yang meme nuhi Standar Nasional Pendidikan dengan harga murah dan terjangkau oleh masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang kesesuaian isi dengan kurikulum yang terdapat dalam BSE Rekayasa Perang kat Lunak untuk SMK Jilid I kebenaran konsep materi dalam penyajian BSE Rekayasa Pe rang kat Lunak untuk SMK Jilid I kebenaran bahasa dalam BSE Rekayasa Perangkat Lunak untuk SMK Jilid I dan fungsi serta manfaat media ilustrasi gambar dalam BSE Rekayasa Perangkat Lunak untuk SMK Jilid I. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif dengan dokumen sebagai objeknya. Jenis penelitian adalah penelitian evaluatif bertujuan meng evaluasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) dari beberapa aspek yaitu menentu kan tinggi rendah kualitas BSE dengan menganalisis kesesuaian isi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran bahasa dan fungsi ilustrasi gam bar yang terdapat dalam buku tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah BSE Rekayasa Perangkat Lunak untuk SMK Jilid 1. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Malang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuan ti tatif. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian isi dengan kurikulum tergolong cukup sesuai dengan persentase 69%. Kebenaran Konsep Konkrit tergolong sangat sesuai dengan persentase 94%. Kebenaran konsep terdefinisi tergolong sesuai dengan persentase 81%. Kebenaran bahasa masih terdapat kesalahan berdasarkan kaidah dan tata Bahasa Indonesia terutama kesalahan ejaan. Media yang digunakan dalam buku ajar secara keseluruhan bermanfaat dengan persentase 98%. Respon siswa terhadap BSE Rekayasa Perangkat Lunak untuk SMK Jilid 1 tergolong baik. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian adalah bagi penulis hendaknya berpedoman pada kurikulum yang berlaku. Pe ngem bangan materi didasarkan pada standar isi melakukan pengkajian terhadap keberagaman kurikulum dari beberapa SMK sehingga penyajian materi dapat mencakup keseluruhan materi yang digunakan oleh SMK dan lingkup materi dapat lebih luas. Bagi guru hendaknya menelaah isi buku terlebih dahulu sebelum disampaikan kepada siswa. Jika ditemukan kesalahan atau kekurangan guru harus memperbaiki sebelum disampaikan kepada siswa. Bagi Pusat Perbukuan Kemendikbud disarankan lebih ketat dalam menyunting buku yang akan diterbitkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |