Evaluasi sistem penilaian kinerja siswa SMK dalam melaksanakan prakerin di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTK-PK) Singosari / Dila Umnia Sotaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi sistem penilaian kinerja siswa SMK dalam melaksanakan prakerin di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTK-PK) Singosari / Dila Umnia Sotaya

Soraya, Dila Umnia (2013) Evaluasi sistem penilaian kinerja siswa SMK dalam melaksanakan prakerin di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTK-PK) Singosari / Dila Umnia Sotaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci evaluasi sistem penilaian kinerja prakerin. Kegiatan penilaian kinerja siswa selama prakerin merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Oleh sebab itu sistem penilaian kinerja siswa praktikan harus menggunakan prosedur penilaian kinerja yang dapat mengukur aspek-aspek penilaian kinerja yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem penilaian kinerja di UPT-PK Singosari yang meliputi enam komponen sistem penilaian kinerja yaitu pihak penilai kinerja pihak yang dinilai kinerjanya instrumen penilaian kinerja metode penilaian kinerja proses penilaian kinerja dan hasil penilaian kinerja. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan tiga tahapan penelitian yaitu tahap persiapan tahap pelaksanaan evaluasi dan tahap penyusunan hasil evaluasi. Subyek penelitian adalah seluruh instruktur dan asisten instruktur Jurusan Listrik UPT-PK Singosari. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Instrumen menggunakan lembar angket dan lembar pengamatan dokumen. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase akhir penelitian berupa keputusan dan rekomendasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persentase kualitas pihak penilai kinerja di UPT-PK Singosari sebesar 77 17% 2) Persentase kualitas pihak yang dinilai kinerjanya (siswa praktikan) UPT-PK Singosari sebesar 46 80% 3) Persentase kualitas instrumen penilaian kinerja yang digunakan UPT-PK Singosari untuk menilai siswa praktikan sebesar 64 29% 4) Persentase kualitas metode penilaian kinerja yang digunakan UPT-PK Singosari untuk menilai siswa praktikan sebesar 81 11% 5) Persentase kualitas proses penilaian kinerja yang diterapkan UPT-PK Singosari dalam menilai siswa praktikan sebesar 75 00% dan 6) Persentase kualitas hasil penilaian kinerja siswa praktikan UPT-PK Singosari sebesar 74 06%. Kesimpulan penelitian ini yaitu 1) Kualitas pihak penilai kinerja di UPT-PK Singosari adalah Baik dan sudah Sesuai standar 2) Kualitas pihak yang dinilai kinerjanya (siswa praktikan) UPT-PK Singosari adalah Jelek atau Kurang sesuai standar 3) Kualitas instrumen penilaian kinerja yang digunakan UPT-PK Singosari untuk menilai siswa praktikan adalah Cukup baik atau Cukup sesuai standar 4) Kualitas metode penilaian kinerja yang digunakan UPT-PK Singosari untuk menilai siswa praktikan adalah Baik atau Sesuai standar 5) Kualitas proses penilaian kinerja yang diterapkan UPT-PK Singosari dalam menilai siswa praktikan adalah Baik atau Sesuai dengan standar dan 6) Kualitas hasil penilaian kinerja siswa praktikan UPT-PK Singosari adalah Sangat baik atau Sangat sesuai dengan standar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61866

Actions (login required)

View Item View Item