Implementasi standar sarana dan prasarana berdasarkan KTSP untuk Progran Studi Keahlian Teknik Otomotif di SMK Kota Malang / Ismanto Setyabudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi standar sarana dan prasarana berdasarkan KTSP untuk Progran Studi Keahlian Teknik Otomotif di SMK Kota Malang / Ismanto Setyabudi

Setyabudi, Ismanto (2013) Implementasi standar sarana dan prasarana berdasarkan KTSP untuk Progran Studi Keahlian Teknik Otomotif di SMK Kota Malang / Ismanto Setyabudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci implementasi standar sarana prasarana Kemajuanilmupengetahuandanteknologiuntukmemenuhikebutuhan di masyarakat yang semakinberkembangmenuntutduniapendidikannasionalmelakukanupayapembaharuanmenujupendidikan yang kompetitifdaninovatif. SaranadanprasaranapadaProgramStudiKeahlianTeknikOtomotifmerupakankomponen yang pentingdalammenghantarkananakdidikmenujuduniakerja yang diinginkan sesuaidengankompetensikeahliannya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan pada pendidikan menengah kejuruan di dalam sistim pendidikan kita. SMK diselenggarakan dalam rangka untuk memberi pengetahuan melatih ketrampilan dan etos kerja serta akhlak mulia untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Sejalandenganperkembangandankemajuanilmupengetahuandanteknologi sertadigulirkannya era reformasidenganotonominya makasistempendidikannasionalpunberubahditandaidenganlahirnyaUndang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional. Perubahan yang mendasarinipemerintahmengantisipasidenganmengeluarkanPeraturanPemerintahNomor 19 Tahun 2005 tentangStandarNasionalPendidikan yang di dalamnyamengaturKTSP.Kehadiran KTSPsebagaikurikulumoperasional yang disusundandilaksanakan di masing-masingsatuanpendidikandiharapkanmampumenjawabperubahandanmengatasiberbagaipermasalahanpendidikan di tanah air.Secarakhusus KTSP mampumenjawabdanmerubahsekolahbeserta guru-gurunya yang selamainiterbiasamenggunakankurikulumsentralistikmenjadikurikulumdesentralistik danbagaimana KTSP mengakomodirkepentingandaerahdannasionaldalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitianinibertujuanuntukmengungkapdan mendeskripsikankelayakansaranadanprasarana SMK pada program studikeahlianteknikotomotifkota Malang. Rancanganpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitian deskriptif yang akanmenggambarkankelayakansaranadanprasarana. Pengumpulandata menggunakanangket. Analisis data denganstatistikdeskriptifdanpelaksanaannyamenggunakan SPSS.12 for windows. TemuanpenelitianmengindikasikanbahwasecaraumumkelayakansaranadanprasaranaruangteoripadaProgramStudiKeahlianTeknikOtomotifSMK Kota Malang sudahlayak sedangkankondisisaranadanprasarana area bengkelkhususnyapada SMK swastakuranglayak.Kesenjangankelayakanantarasaranadanprasaranaruangteori SMK Negeridan SMK SwastakotaMalangtidakada sedangkankelayakan sarana dan prasarana bengkel antaraSMK Negeridengan SMK Swastakota Malang ada perbedaan. Berdasarkantemuan di atas penelitimengajukanbeberapa saran sebagaiberikut (1) bagipengambilkebijakandalamhaliniDinasPendidikan Kota MalangdalammenyusunRenstraperlumemperhatikansaranadanprasarana di SMK kota Malang khususnyapadaProgramStudiKeahlianTeknikOtomotif. (2) bagikepala SMK kota Malang dalammenyusunrencana program perlumemperhatikandanmeningkatkansaranadanprasaranakhususnyapada program studikeahlianteknikotomotif. (3) bagipeneliti yang akandatangbisamengkajiataumenambahkanvariabellain misalhubunganantarasaranadanprasaranadengankompetensisiswa SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61863

Actions (login required)

View Item View Item