Problematika guru kelas III dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu berdasarkan kurikulum 2013 di SD Gugus 7 Kecamatan Klojen Kota Malang / Agustini Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika guru kelas III dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu berdasarkan kurikulum 2013 di SD Gugus 7 Kecamatan Klojen Kota Malang / Agustini Lestari

Lestari, Agustini (2016) Problematika guru kelas III dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu berdasarkan kurikulum 2013 di SD Gugus 7 Kecamatan Klojen Kota Malang / Agustini Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Agustini. 2016. Problematika Guru Kelas III dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Gugus 7 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata Kunci pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013. Sebagai pihak yang berperan besar terhadap keberhasilan pembelajaran tematik terpadu guru perlu memahami pendekatan pembelajaran tematik terpadu dengan baik. Namun fakta di lapangan masih banyak guru yang mengalami hambatan atau masalah dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru kelas III dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Gugus 7 Kecamatan Klojen Kota Malang baik pada tahap perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi wawancara dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan mengggunakan teknik perpanjangan pengamatan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas III masih mengalami kesulitan pada tahap perencanaan diantaranya yakni guru belum melengkapi komponen RPP yang sesuai merumuskan tujuan pembelajaran serta dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran karena guru belum menguasai materi ajar yang sesuai dengan pendekatan tematik terpadu. Pada tahap pelaksanaan guru mengalami kesulitan pada kegiatan pendahuluan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu pemanfaatan media pembelajaran serta pada kegiatan penutup. Sedangkan pada tahap penilaian guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik serta penyusunan instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator ketercapaian yang dirumuskan. Berdasarkan hasil temuan penelitian disimpulkan bahwa masih terdapat ketidaksesuaian antara implementasi pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan oleh guru dengan tuntutan Kurikulum 2013. Selain itu guru juga masih mengalami kesulitan dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu baik pada tahap perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Dari kesimpulan penelitian maka guru disarankan untuk mengkaji kembali dan memahami konsep pembelajaran tematik terpadu isi panduan teknis penyusunan RPP dari Kemendikbud dan mengikuti forum-forum pelatihan tentang implementasi Kurikulum 2013 serta berdiskusi dengan guru-guru lain mengenai Kurikulum 2013 terutama tentang pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6186

Actions (login required)

View Item View Item