Hubungan persepsi siswa terhadap penerapan modul dan sikap siswa dengan hasil belajar KKPI pada siswa SMK Negeri 3 Bojonegoro / Sugeng Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi siswa terhadap penerapan modul dan sikap siswa dengan hasil belajar KKPI pada siswa SMK Negeri 3 Bojonegoro / Sugeng Raharjo

Raharjo, Sugeng (2013) Hubungan persepsi siswa terhadap penerapan modul dan sikap siswa dengan hasil belajar KKPI pada siswa SMK Negeri 3 Bojonegoro / Sugeng Raharjo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Raharjo Sugeng. 2012. Hubungan Persepsi Siswa terhadap Penerapan Modul dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar KKPI pada Siswa SMK Negeri 3 Bojonegoro. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd (II) Drs. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. Kata Kunci persepsi siswa modul sikap siswa hasil belajar. Pendidikan menengah kejuruan bertujuan membekali siswa dengan kemampuan agar dapat bekerja pada berbagai sektor formal dan informal serta menciptakan lapangan kerja baik bagi dirinya maupun orang lain. Berdasarkan rasional bahwa strategi pembelajaran sepatutnya ditekankan pada interaksi dan aktifitas mandiri siswa untuk memperoleh kemampuan maka salah satu strategi pembelajaran efektif yang dapat menumbuhkan kemampuan siswa adalah pendekatan mengajar menggunakan modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap (1) signifikansi hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan modul dengan hasil belajar KKPI siswa SMKN 3 Bojonegoro (2) signifikansi hubungan antara sikap siswa dengan hasil belajar KKPI siswa SMKN 3 Bojonegoro dan (3) signifikansi hubungan secara simultan antara persepsi siswa terhadap penerapan modul dan sikap siswa dengan hasil belajar KKPI siswa SMKN 3 Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian korelasional persepsi siswa terhadap penerapan modul (X1) dan sikap siswa terhadap pelajaran KKPI (X2) sebagai varibel bebas (independent) sedangkan hasil belajar KKPI (Y) sebagai varibel terikat (dependent). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 3 Bojonegoro Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 272 siswa sampel di ambil menurut rumus Slovin dan mengingat di Sekolah ini mempunyai 5 kompetensi keahlian agar dari semua kompetensi keahlian terwakili berikutnya di ambil sampel secara proporsional sebesar 150 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Ada hubungan yang positip serta signifikan antara persepsi siswa terhadap penerapan modul dengan hasil belajar KKPI siswa SMKN 3 Bojonegoro dengan koefisien korelasi parsial 0 675 dan (p 0 00 0 05) (2) Ada hubungan yang positip serta signifikan antara sikap siswa terhadap pelajaran KKPI dengan hasil belajar KKPI siswa SMKN 3 Bojonegoro dengan koefisien korelasi parsial 0 648 dan (p 0 00 0 05) dan (3) Ada hubungan yang positip serta signifikan secara simultan antara persepsi siswa terhadap penerapan modul dan sikap siswa terhadap pelajaran KKPI dengan hasil belajar KKPI siswa SMKN 3 Bojonegoro sebesar 0 522. Uji anova menghasilkan har ga Fhitung sebesar 80 381 dan (p 0 00 0 05). Berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya guru KKPI dalam menerapkan pendekatan mengajar menggunakan modul memanfaatkan berbagai sumber belajar dan memperhatikan faktok karakteristik siswa yakni persepsi siswa sikap siswa motivasi berprestasi kebiasaan belajar dan gaya belajar agar diperoleh hasil belajar yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61858

Actions (login required)

View Item View Item