Perbedaan penguasaan bidang TIK guru SMK RSBI dan guru SMK bukan RSBI di Jawa Timur / Yunarso - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penguasaan bidang TIK guru SMK RSBI dan guru SMK bukan RSBI di Jawa Timur / Yunarso

Yunarso (2013) Perbedaan penguasaan bidang TIK guru SMK RSBI dan guru SMK bukan RSBI di Jawa Timur / Yunarso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penguasaan TIK guru SMK RSBI. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagaimana UU. No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 15 adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan siswa terutama untuk bekerja dalam bi dang tertentu.Salah satu upaya menyelenggarakan pendidikan yang bermutusebagaimana amanat UU-Sisdiknas Pasal 50 Ayat (3) adalah Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnyasatu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untukdikembangkan menjadi sekolah yang bertaraf internasional dimana salah satu profil akhir gurunya adalah menguasai bidang TIK untuk pembelajaran.SMK yang dikembangkan sebagai SMK bertaraf internasional adalah SMK RSBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan bidang TIK guru SMK RSBI penguasaan bidang TIK guru SMK bukan RSBI dan perbedaan penguasaan bidang TIK antara guru SMK RSBIdan guru SMK yang bukan RSBI. Penelitian ini juga akan mengungkap apakah guru SMK RSBI mempunyai penguasaan TIK lebih tinggi dibandingkan dengan guru SMK yang bukan RSBI. Desain penelitian menggunakan Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK RSBI di Propinsi Jawa Timur. Populasi guru SMK RSBI sebanyak 240 orang. Sampel berasal dari 4 SMK RSBIsebanyak 54 orang. Sebagai pembanding adalah guru dari tiga SMK bukan RSBI sebanyak 55 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan bidang TIK guru SMK RSBIyang diteliti mempunyai kriteria sangat baik penguasaan bidang TIK guru SMK bukan RSBI mempunyai kriteria baik dan terdapat perbedaan penguasaan bidang TIK antara guru SMK RSBI dengan guru SMK yang bukan RSBI. Hasil dari analisa data juga didapatkan bahwa penguasaan TIK guru SMK RSBI lebih tinggi dibandingkan guru SMK yang bukan RSBI. Berdasar hasil penelitian ini hendaknya guru SMK RSBI mempertahankan tingkat penguasaan bidang TIK dan lebih memperdalam pengetahuan bidang TIK serta menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran sedangkan guru SMK bukan RSBI hendaknya lebih meningkatkan penguasaan bidang TIK. Implementasi SMK RSBI dapat dijadikan motivasi peningkatan mutu pendidikan khususnya penguasaan bidang TIK sebagai media alat dan sumber belajar untuk peningkatan mutu pembelajaran. Disarankan pada guru untuk lebih menguasai bidang TIK padapemegang kebijakan dalam pendidikan untuk memberikan kebijakan bagi upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya peningkatan mutu pembelajaran dengan memanfaatkan TIK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61855

Actions (login required)

View Item View Item