Hubungan tingkat kemandirian, kemampuan akademik, pengalaman industri dan keguruan dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Imran Muliadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan tingkat kemandirian, kemampuan akademik, pengalaman industri dan keguruan dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Imran Muliadi

Muliadi, Imran (2012) Hubungan tingkat kemandirian, kemampuan akademik, pengalaman industri dan keguruan dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Imran Muliadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci tingkat kemandirian kemampuan akademik bidang keguruan kemampuan bidang keteknikan pengalaman industri pengalaman keguruan kesiapan menjadi guru. Kesiapan menjadi guru merupakan kajian yang sangat perlu dilakukan mengingat kualitas guru secara keseluruhan tergolong rendah. Terlebih lagi pada S1 PTI UM yang tergolong baru di Indonesia. Guru yang berkualitas dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari kesiapan menjadi guru dan tingkat kemandirian. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari pengalaman industri pengalaman keguruan dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kemandirian dengan kesiapan menjadi guru hubungan antara kemampuan akademik bidang keteknikan dengan kesiapan menjadi guru hubungan antara kemampuan akademik bidang keguruan dengan kesiapan menjadi guru hubungan antara pengalaman industri dengan kesiapan menjadi guru dan hubungan antara pengalaman keguruan dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa S1 PTI UM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional dan analisis jalur. Populasi pada penelitian ini sebanyak 131 mahasiswa dan sampel sebanyak 107 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket atau kuisioner dan dokumen. Dokumen digunakan untuk mengukur kemampuan akademik mahasiswa sedangkan kuisioner digunakan untuk variabel yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kemandirian dengan kesiapan menjadi guru juga melalui pengalaman industri dan pengalaman keguruan. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan akademik bidang keteknikan dan keguruan dengan kesiapan menjadi guru juga melalui pengalaman industri dan pengalaman keguruan. Ada hubungan langsung yang positif namun tidak signifikan antara pengalaman industri dengan kesiapan menjadi guru. Ada hubungan langsung yang positif namun tidak signifikan antara pengalaman keguruan dengan kesiapan menjadi guru. Berdasarkan penelitian ini dapat dikemukakan saran (1) bagi pejabat S1 PTI UM agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada mahasiswa (2) bagi mahasiswa S1 PTI UM lebih memperhatikan tingkat kemandirian dan mata kuliah keguruan dan (3) bagi peneliti lain agar mengungkap variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61854

Actions (login required)

View Item View Item