Yulkhainas (2012) Pengembangan modul hidroling dasar berpatokan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kompetemsi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Bontang / Yulkhainas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keyword pengembangan pembelajaran modul hidrolik dasar. Hasil ujian teori kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif yang sudah dilaksanakan beberapa kali sebagai Ujian Nasional masih rendah nilai perolehan siswa peserta didik SMK Bontang Propinsi Kalimantan Timur. Pembelajaran belum terlaksana dengan berbagai inovasi. Pembelajaran inovatif merupakan proses interaksi yang pro-perubahan antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran yang pro-perubahan merupakan pembelajaran yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan daya imajinasi kreasi inovasi nalar rasa keingintahuan dan eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru dan yang tidak tertambat pada tradisi dan kebiasaan pembelajaran yang lebih mementingkan memorisasi dan recall. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mewujudkan modul Hidrolik Dasar yang sesuai dengan KTSP SMK Bontang. Rancangan pembelajaran berupa modul Hidrolik Dasar diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Bontang. Model penelitian ini menggunakan rancangan model penelitian pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah (1) penelitian pendahuluan mengkaji informasi kebutuhan Proses Belajar Mengajar (PBM) kurikulum RPP dan karakteristik siswa (2) mengidentifikasi dan mendenfinisikan produk modul Sistem Hidrolik Dasar (3) mengembangkan produk modul instrumen validasi modul sistem hidrolik dasar (4) validasi modul melalui validasi ahli yaitu diujicobakan pada ahli media/desain dan ahli isi pembelajaran serta pembimbing pada tahap mengujicobakan pada siswa sepuluh orang untuk melihat kemenarikan manfaat modul dan keterbacaan modul (5) merevisi produk modul berdasarkan masukan-masukan dari validasi yang telah dilakukan (6) melakukan uji coba lapangan utama dengan subjek siswa 30 siswa SMKN 1 Bontang dengan diawali pretes mempelajari modul dan kemudian dialukan postes (7) melakukan revisi berdasarkan saran-saran dan masukan hasil uji coba lapangan utama (8) melakukan uji coba lapangan opersional dengan sasaran 60 orang siswa yang terdiri dari 30 orang untuk kelas kontrol metode ceramah dan 30 orang lainnya sebagai kelas treatment pembelajaran dengan metode pembelajaran individual menggunakan modul hasil tes dianalisis melalui uji t (9) merevisi produk akhir berdasarkan saran dan masukan uji coba lapangan operasional (10) Mendesimilasikan dan mengimplementasitan produk dengan cara publikasi dan produk massal di SMKN 1 Bontang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61853 |
Actions (login required)
View Item |