Pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivistik dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep pada kompetensi dasar pemrograman di SMKN 6 Malang / Faizatul Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivistik dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep pada kompetensi dasar pemrograman di SMKN 6 Malang / Faizatul Amalia

Amalia, Faizatul (2012) Pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivistik dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep pada kompetensi dasar pemrograman di SMKN 6 Malang / Faizatul Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Based Learning Quantum Learning kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep Pendekatan konstruktivistik adalah salah satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan merupakan bentukan pribadi itu sendiri. Model pembelajaran yang beraliran konstruktivistik diantaranya adalah Problem Based Learning dan Quantum Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivistik (PBL dan QL) dan motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep siswa pada mata diklat dasar pemrograman dengan melihat ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan dari hasil nilai rata-rata kompetensi belajar pada kelas eksperimen pertama dengan kelas eksperimen kedua. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Quasi Experimental Design dengan pemilihan sampel dua kelas yaitu kelas XI TKJ 2 sebagai kelas eksperimen pertama yang akan diterapkan PBL dan XI TKJ 3 sebagai kelas eksperimen kedua yang akan diterapkan QL. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan berupa rpp silabus soal uraian soal obyektif instrumen pengukuran motivasi berprestasi dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS 17.0 dengan uji manova. Hasil penelitian nilai rata-rata pada KPM yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih besar dari nilai rata-rata KPM yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Dan nilai rata-rata pada PK yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih besar dari nilai rata-rata PK yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Nilai rata-rata dari masing-masing kelas diuji hipotesis dengan menggunakan manova. Dari manova diperoleh hasil yaitu Fhitung. 0 103 Ftabel 3 98. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pendekatan konstruktivistik dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep siswa pada mata diklat dasar pemrograman. Sedangkan pendekatan yang lebih baik diterapkan adalah PBL daripada QL. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata nilai kompetensi belajar siswa yang diajar menggunakan PBL dan yang diajar menggunakan QL. PBL memberikan pengaruh yang positif terhadap kelas XI TKJ 2. Dengan penerapan model PBL siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga kompetensi belajar kelas XI TKJ 2 (eksperimen pertama) lebih tinggi dari pada kelas XI TKJ 3 (eksperimen kedua).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61848

Actions (login required)

View Item View Item