Pengaruh kemampuan dasar kejuruan dan penerapan variasi metode pembelajaran terhadap penguasaan kompetensi keterampilan kerja kayu siswa XI di SMK Negeri 3 Bondowoso / Didik Syawirul Alim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan dasar kejuruan dan penerapan variasi metode pembelajaran terhadap penguasaan kompetensi keterampilan kerja kayu siswa XI di SMK Negeri 3 Bondowoso / Didik Syawirul Alim

Alim, Didik Syawirul (2012) Pengaruh kemampuan dasar kejuruan dan penerapan variasi metode pembelajaran terhadap penguasaan kompetensi keterampilan kerja kayu siswa XI di SMK Negeri 3 Bondowoso / Didik Syawirul Alim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan Dasar Kejuruan Metode Pembelajaran Kompetensi Keterampilan. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengungkap (1) signifikansi perbedaan rerata penguasaan Kompetensi Keterampilan Kerja Kayu (K4) bagi siswa yang memiliki Kemampuan Dasar Kejuruan Tinggi (KDKT) yang diajar menggunakan Metode Pembelajaran Individual (MPI) dengan KDKT yang diajar menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif (MPK) (2) signifikansi perbedaan rerata penguasaan K4 bagi siswa yang memiliki Kemampuan Dasar Kejuruan Rendah (KDKR) yang diajar menggunakan MPI dengan KDKR yang diajar menggunakan MPK (3) signifikansi perbedaan rerata penguasaan K4 bagi siswa yang memiliki KDKT yang diajar menggunakan MPK dengan KDKR yang diajar menggunakan MPK (4) signifikansi perbedaan rerata penguasaan K4 bagi siswa yang memiliki KDKT yang diajar menggunakan MPI dengan KDKR yang diajar menggunakan MPI (5) signifikansi perbedaan rerata penguasaan K4 bagi siswa yang memiliki KDKT yang diajar menggunakan MPI dengan KDKR yang diajar menggunakan MPK (6) signifikansi perbedaan rerata penguasaan K4 bagi siswa yang memiliki KDKT yang diajar menggunakan MPK dengan KDKR yang diajar menggunakan MPI (7) interaksi yang signifikan antara Kemampuan Dasar Kejuruan (KDK) dan Metode Pembelajaran(MP) terhadap penguasaan Kompetensi Keterampialn Kerja Kayu (K4) (8) rerata penguasaan K4 yang paling beda antara siswa yang diajar dengan MPI dan MPK. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2 sampel penelitian adalah 56 siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bondowoso Jurusan Teknik Furniture. Sampel dibagi 4 kelompok yang sepadan. Rerata skor kompetensi atau hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik statistik uji beda melalui analisis varian (two way anova) dengan bantuan program SPSS versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara Kemampuan Dasar Kejuruan (KDK) dengan Metode Pembelajaran (MP) ada interaksi yang signifikan hal itu ditunjukkan dengan P 0 037 lebih kecil dari 0 05 terhadap penguasaan Kompetensi Keterampilan Kerja Kayu (K4). Rerata penguasaan K4 yang paling beda ada pada KDKR dengan MPI (mean skor 55 71) dan KDKT dengan MPK (mean skor 87 91) Kesimpulan secara umum bahwa antara Kemampuan Dasar Kejuruan (KDK) dan Metode Pembelajaran (MP) terjadi interaksi yang signifikan berkaitan dengan pengaruhnya terhadap penguasaan Kompetensi Keterampilan Kerja Kayu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61846

Actions (login required)

View Item View Item