Peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi mengelas Shield Metal Arc Welding (SMAW) dengan menggunakan modul CD pembelajaran pada siswa SMK kelas X di Malang / Erwin Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi mengelas Shield Metal Arc Welding (SMAW) dengan menggunakan modul CD pembelajaran pada siswa SMK kelas X di Malang / Erwin Yulianto

Yulianto, Erwin (2012) Peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi mengelas Shield Metal Arc Welding (SMAW) dengan menggunakan modul CD pembelajaran pada siswa SMK kelas X di Malang / Erwin Yulianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Prestasi Belajar Kompetensi Mengelas Shield Metal Arc Welding (SMAW) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Modul CD Pembelajaran. Penelitian tindakan kelas (PTK) mempunyai kegunaan yang besar dalam mengembangkan kualitas pembelajaran karena PTK dapat mengidentifikasi beberapa aspek-aspek yang menjadi permasalahan terkait dengan proses pembelajaran suatu materi pelajaran. PTK dapat mengungkapkan penyebab dari berbagai permasalahan yang dihadapi sekaligus juga dapat menemukan pemecahan permasalahan tersebut. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran khususnya pada matapelajaran praktikum pengelasan dengan menggunakan modul CD Pembelajaran. Penelitian dilakukan pada kompetensi persiapan material pelelehan elektrode dan pengelasan sambungan I sebanyak tiga siklus. Metode pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan modul CD pembelajaran dan beberapa perangkat pembelajaran yang lainnya yaitu modul pendamping jobsheet dan instrumen penilaian. Perencanaan pembelajaran dimulai dari perencanaan skenario pembelajaran penyiapan media pembelajaran penyiapan perangkat observasi siswa maupun guru pengajar pelaksanaan pembelajaran dan sistem penilaian. Hasil refleksi pada siklus pertama masih kurang baik sehingga dilakukan berbagai upaya perbaikan untuk siklus kedua seperti memperpanjang durasi penayangan pemutaran film pembelajaran sebanyak dua kali dan memperbaiki kualitas slide dan film. Sehingga diperoleh data hasil pembelajaran siklus kedua di SMK PGRI 3 Malang pada ranah psikomotorik 5% siswa telah kompeten sedangkan di SMK N6 Malang pada ranah psikomotorik sejumlah 95% siswa telah kompeten untuk kompetensi pelelehan elektrode. Hasil refleksi pada siklus kedua yaitu masih ada beberapa siswa belum kompeten sehingga dilanjutkan dengan siklus ketiga. Pada siklus kedua diperoleh data di SMK PGRI 3 sejumlah 33 3% siswa telah kompeten sedangkan di SMK N6 Malang sejumlah 100% telah kompeten. Upaya perbaikan pada siklus ketiga diantaranya memperbaiki kualitas slide dan film serta pemindahan lokasi pemutaran CD pembelajaran dari ruang bengkel ke ruang kelas. Sehingga diperoleh data hasil pembelajaran siklus ketiga di SMK PGRI 3 Malang pada ranah psikomotorik I tertutup 81 4% dan I terbuka 51 85% siswa telah kompeten sedangkan di SMK N6 Malang pada ranah psikomotorik I tertutup 75% dan I terbuka 27 5% siswa telah kompeten untuk kompetensi pengelasan sambungan I.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61845

Actions (login required)

View Item View Item