Hubungan pengalaman mengajar dan mengikuti diklat dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar praktikum komputer di SMK Kabupaten Nganjuk / Bendot Sunardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pengalaman mengajar dan mengikuti diklat dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar praktikum komputer di SMK Kabupaten Nganjuk / Bendot Sunardi

Sunardi, Bendot (2012) Hubungan pengalaman mengajar dan mengikuti diklat dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar praktikum komputer di SMK Kabupaten Nganjuk / Bendot Sunardi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengalaman mengajar diklat sikap guru kompetensi komputer. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan satuan pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan tamatan siap kerja cerdas kompetitif dan mampu mengembangkan keunggulan lokal serta bersaing di pasar global. Akan tetapi kenyataan pelaksanaan pendidikan di SMK masih banyak dijumpai guru yang kurang memberikan praktik langsung berupa pengalaman nyata sesuai tuntutan dunia kerja dan penguasaan materi serta metode mengajarnya sudah ketinggalan zaman. Oleh sebab itu penulis ingin mengungkap bagaimana pengalaman mengajar pengalaman mengikuti diklat dan sikap guru terhadap kompetensi mengajar serta hubungan pengalaman mengajar dan mengikuti diklat dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar praktikum komputer di SMK Kabupaten Nganjuk. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengalaman mengajar dan mengikuti diklat dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar praktikum komputer di SMK Kabupaten Nganjuk. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran KKPI di SMK Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 68 orang. Semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian dan sampel diambil dengan teknik sampling jenuh atau sensus. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi ganda. Kesimpulan dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap guru terhadap kompetensi mengajar praktikum komputer memiliki kecenderungan 89 09 persen berada pada kategori tinggi pengalaman mengajar berada pada kategori sedang sebesar 70 91 persen dan pengalaman mengikuti diklat memiliki kecenderungan 63 64 persen berada pada kategori sedang. Secara analisis regresi ganda menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan linier antara pengalaman mengajar dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar secara positif dan signifikan. Korelasi parsial sebesar rx1y 0 400 nilai probabilitas p 0 001 dan sumbangan efektif 14 16 persen (2) terdapat hubungan linier antara pengalaman mengikuti diklat dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar secara positif dan signifikan. Korelasi parsial sebesar rx2y 0 261 nilai probabilitas p 0 027 dan sumbangan efektif 4 persen dan (3) terdapat hubungan antara pengalaman mengajar dan pengalaman mengikuti diklat secara bersama dengan sikap guru terhadap kompetensi mengajar secara positif dan signifikan. Korelasi ganda sebesar (Rx1x2y 0 426) nilai probabilitas p 0 006 dan sumbangan efektif 18 1 persen. Hasil regresi ganda diartikan pengalaman mengajar memberikan pengaruh terbesar terhadap peningkatan kompetensi guru. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian diatas dapat diajukan saran-saran (1) sangat diperlukan upaya peningkatan kompetensi guru dengan meningkatkan kualitas diklat dan pengalaman mengajarnya (2) pengalaman mengajar dapat ditingkatkan kualitasnya apabila jenis mata pelajaran dengan dasar yang dimiliki guru sebelumnya telah disesuaikan (3) pengalaman mengikuti diklat lebih berarti jika jenis kompetensi yang dipilih relevan dengan bidang studi dan sepenuhnya dapat diterapkan untuk kepentingan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61842

Actions (login required)

View Item View Item